Kompas TV regional berita daerah

Jelang Vonis, Dukungan untuk Eliezer Terus Bertambah

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 12:34 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang vonis hakim, 15 Februari 2023, suara dukungan yang menuntut keadilan bagi Eliezer bertambah.

Kali ini dukungan datang dari Aliansi Akademisi Indonesia, menyerahkan surat yang ditandatangani oleh 122 akademi dari sejumlah Universitas di Indonesia ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ada beberapa poin alasan yang diajukan.

Diantaranya Eliezer sebagai justice collaborator, telah terbuka dan berkata jujur, membuka kotak pandora kasus pembunuhan Yosua.

Advokat senior, Todung Mulya Lubis menegaskan dukungan Eliezer bukan dukungan pribadi tapi momen reformasi total lembaga penegak hukum Polri.

Sebelumnya, pengajuan sebagai Amicus Curiae, atau Sahabat Pengadilan, juga telah datang dengan harapan yang sama.

Keadilan bagi sang penguak fakta, yang dituntut 12 tahun penjara.

Pengacara Eliezer, Ronny Talapessy pun menyebut dukungan ini, membuat kliennya tak lagi merasa sendiri di tengah perjuangan mencari keadilan.

Meski tak ada kewajiban bagi hakim untuk mempertimbangkan permohonan ini, namun besar harapan publik agar perlindungan kepada Justice Collaborator menjadi preseden baik di peradilan tanah air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.