Kompas TV regional berita daerah

BPN Pemalang Ikuti Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 08:42 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemasangan satu juta patok batas tanah secara serentak tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai rekor ke-10.810. Piagam penghargaan atas pencapaian tersebut diserahkan secara langsung oleh direktur operasional MURI yusuf ngadri kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Kabupaten Cilacap.

 

Di Kabupaten Pemalang, delapan desa mengikuti Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) 1 juta patok serentak di seluruh Indonesia. Secara simbolis BPN Kabupaten Pemalang memasang 8.350 patok serentak di depan Balai Desa Sumurkidang, Kecamatan Bantarbolang.

 

Selain di sumur kidang, beberapa desa di Pemalang yang turut melakukan pemasangan Gemapatas antara lain Desa Pegiringan, Banjarsari, Kuta, Simpur, Longkeyang, Pesantren, dan Desa Padek.

 

Di Kabupaten Pemalang untuk kegiatan PTSL ditargetkan oleh pemerintah sebanyak 14.163 bidang. Pemasangan patok sendiri mengantisipasi sengketa tanah, serta menghindari mafia tanah.

 

Menurut Gusmanto, pemasangan patok tidak berhenti hanya pada saat ini dan juga tidak hanya untuk peserta ptsl saja,namun akan dilaksanakan oleh semua yang punya aset atau tanah yang punya kewajiban untuk memasang patok.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.