Kompas TV internasional kompas dunia

Warisan Budaya Dunia Diguncang Gempa: Kastil Gaziantep Runtuh, Benteng Aleppo Rusak Parah

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 23:00 WIB
warisan-budaya-dunia-diguncang-gempa-kastil-gaziantep-runtuh-benteng-aleppo-rusak-parah
Ilustrasi. Peta gempa dahsyat di Turki. Pada 6 Februari 2023, gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,8 terjadi di Turki selatan dekat perbatasan utara Suriah, menurut Badan Survey Geologi Amerika Serikat atau USGS, Senin, (6/2/2023). Sejumlah situs warisan budaya di Turki dan Suriah dilaporkan runtuh atau rusak parah akibat gempa yang melanda kedua negara itu pada Senin (6/2/2023) lalu.  (Sumber: New York Times)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Sejumlah situs warisan budaya di Turki dan Suriah dilaporkan runtuh atau rusak parah akibat gempa yang melanda kedua negara itu pada Senin (6/2/2023) lalu.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (PBB) mengaku telah menggelar survei preliminer untuk memeriksa situs warisan budaya yang terdampak gempa.

UNESCO mengaku berupaya bergerak cepat untuk mengamankan dan menstabilisasi situs-situs budaya yang terdampak. Dalam pernyatan yang dirilis pada Selasa (7/2), UNESCO mengaku "khususnya khawatir" dengan situasi di kota tua Aleppo, Suriah.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 5.000 Jiwa, 6.000 Gedung Runtuh di Turki, Pencarian Berlanjut

Aleppo sendiri termasuk salah satu warisan budaya dunia yang terancam dalam daftar UNESCO. Badan PBB ini menyebut Benteng Aleppo atau Citadel Aleppo, kawasan yang telah difungsikan sejak milenium ketiga sebelum Masehi, rusak parah.

"Kerusakan signfikan dilaporkan di benteng tersebut. Menara barat dari dinding kota tua (Aleppo) runtuh dan beberapa bangunan di souk (pasar) semakin lemah," demikian bunyi pernyataan UNESCO dikutip Associated Press.

UNESCO juga mengaku sedih dengan kabar runtuhnya sejumlah bangunan di Benteng Diyarbakir dan Kebun Hevsel, situs warisan budaya di Turki yang dibangun pada masa Yunani dan Romawi kuno.

Sementara itu, di Gaziantep, dekat Kahramanmaras, episentrum gempa, Kastil Gaziantep yang dibangun antara abad 2-3 Masehi dilaporkan runtuh. Daily Sabah melaporkan, sejumlah benteng kastil di sisi timur, selatan, dan tenggara hancur karena gempa, dan reruntuhannya berserakan di jalan.

Di lain sisi, kubah dan dinding sebelah timur Masjid Sirvani, terletak dekat Kastil Gaziantep, dilaporkan runtuh sebagian.

Hingga berita ini diturunkan, korban gempa M 7,8 di Turki mencapai 3.549 orang tewas dan 22.168 terluka. Sedangkan di Suriah tercatat ada 1.602 korban tewas, baik di wilayah pemerintah atau pemberontak.

Baca Juga: Puluhan WNI Korban Gempa Turki Dihantui Badai Salju dan Tak Kebagian Rumah Aman, Akhirnya Dievakuasi


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.