Kompas TV regional berita daerah

Tolak Khilafah! Rekomendasi Lengkap Muktamar Internasional di Harlah 1 Abad NU

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 11:53 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

SIDOARJO, KOMPAS.TV - KH Musthofa Bisri (Gus Mus) dan Yenny Wahid membacakan Piagam rekomendasi Muktamar Internasional Fiqih Peradaban I di acara Puncak Resepsi Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo pada Selasa (7/2/23).

“Nahdlatul Ulama berpandangan bahwa pandangan lama yang berakar pada tradisi fiqih klasik, yaitu adanya cita-cita untuk menyatukan umat Islam di bawah naungan tunggal sedunia atau negara Khilafah harus digantikan dengan visi baru demi mewujudkan kemaslahatan umat,” ujar Gus Mus dalam bahasa Arab dan Yenny Wahid dalam bahasa Indonesia.

“Cita-cita mendirikan kembali negara Khilafah yang dianggap bisa menyatukan umat Islam sedunia, namun dalam hubungan berhadap-hadapan dengan non-Muslim bukanlah hal yang pantas diusahakan dan dijadikan sebagai sebuah aspirasi,” ujarnya.

“Dari pada bercita-cita dan berusaha untuk menyatupadukan seluruh umat Islam dalam negara tunggal sedunia, yaitu negara khilafah, Nahdlatul Ulama memilih jalan lain, mengajak umat Islam untuk menempuh visi baru, mengembangkan wacana baru tentang fiqih, yaitu fiqih yang akan dapat mencegah eksploitasi atas identitas, menangkal penyebaran kebencian antargolongan, mendukung solidaritas, dan saling menghargai perbedaan di antara manusia, budaya, dan bangsa-bangsa di dunia, serta mendukung lahirnya tatanan dunia yang sungguh-sungguh adil dan harmonis, tatanan yang didasarkan pada penghargaan atas hak-hak yang setara serta martabat setiap umat manusia. Visi yang seperti inilah yang justru akan mampu mewujudkan tujuan-tujuan pokok syariah,” tutup keduanya.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x