Kompas TV nasional agama

Erick Thohir Pakai Baju Banser di Resepsi 1 Abad NU: Ini Adalah Titipan dan Simbol

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 08:25 WIB
erick-thohir-pakai-baju-banser-di-resepsi-1-abad-nu-ini-adalah-titipan-dan-simbol
Menteri BUMN sekaligus ketua Harlah 1 Abad NU Erick Thohir memakai seragam Banser di Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Youtube Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN sekaligus ketua panitia hari lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) mengenakan baju Banser saat acara pembukaan di Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Banser NU merupakan singkatan dari Barisan Serbaguna Nahdlatul Ulama sebagai lembaga semi-otonom dari Gerakan Pemuda Ansor, organisasi pemuda NU.

Dalam pidato penyambutannya, Erick Thohir mengatakan dirinya mengenakan baju Banser atas permintaan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

"Izin Bapak Presiden, hari ini saya memakai baju Banser NU ini karena diminta oleh sahabat saya, ketua umum Gerakan Pemuda Ansor, Gus Yaqut," kata Erick Thohir dalam tayangan Live Streaming Kompas TV, Selasa.

Baca Juga: Jadwal 1 Abad NU Hari Ini: Resepsi Puncak Bareng Jokowi hingga Karnaval Nusantara

Menurutnya, baju banser yang dikenakannya itu merupakan titipan dan simbol.

"Tentu Ini adalah sebuah titipan tetapi simbol. Bagaimana Nahdliyin bila diberi kesempatan Insya Allah siap berkarya untuk nusa dan bangsa," tutur Erick Thohir.

Dalam pidato tersebut, Erick berharap di usia 1 Abad, NU dapat terus memelihara nilai dan tradisi Islam nusantara untuk generasi penerus bangsa 

"Hasil survei yang dilakukan oleh salah satu media menunjukkan bahwa 71,8% masyarakat NU selama ini telah turut memperkuat nilai-nilai kebangsaan Indonesia."

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU Hari Ini, BMKG Prediksi Cuaca Sidoarjo Cerah Berawan hingga Hujan

"Saya meyakini bahwa NU yang di bawah kepemimpinan Bapak Kyai Haji Yahya Cholil Staquf akan terus berada di belakang Bapak Presiden dalam mendukung NKRI dan Pancasila," ucap Erick.


 

Acara puncak resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Acara tersebut juga disaksikan oleh Banser NU se-Indonesia, hingga warga NU yang datang dari penjuru negeri.

Resepsi 1 Abad NU sempat dibuka dengan menyanyikan lagu Ya Lal Waton yang dipimpin dan diaransemen oleh musisi nasional Addie MS.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x