Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD Sebut Pernyataan Luhut KPK Jangan Sering OTT Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi Anjlok

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 08:17 WIB
mahfud-md-sebut-pernyataan-luhut-kpk-jangan-sering-ott-pengaruhi-indeks-persepsi-korupsi-anjlok
Menko Polhukam Mahfud MD di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (6/2/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud MD menyebut pernyataan-pernyataan menteri mempengaruhi anjloknya Indeks Persepsi Korupsi atau corruption perception index (CPI) di Indonesia.

Mahfud menjelaskan terkait pernyataan bernada ‘miring’ para pejabat dalam rangka pemberantasan korupsi sempat dibahas dalam rapat internal pemerintah yang digelar Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Anjlok, Mahfud MD: Hampir Semua Negara Alami Penurunan

Dalam rapat itu, turut dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin, Menkoplhukam Mahfud MD, dan Ketua KPK Firli Bahuri. 

Adapun rapat internal itu khusus membahas mengenai anjloknya IPK tersebut di Indonesia. Menurut Mahfud, saat rapat berlangsung sempat dibahas mengenai faktor apa saja yang menyebabkan turunnya IPK Indonesia tersebut.

Salah satunya, Mahfud tidak menampik bahwa pernyataan para pejabat mengenai pemberantasan korupsi ikut mempengaruhi turunnya IPK.

"Kalau tanggapan presiden tentang pernyataan-pernyataan pejabat seperti Pak Luhut, dan yang lain-lain itu nanti biar presiden yang akan menyampaikan apakah itu tepat apa tidak," kata Mahfud MD di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/2/2023). 

Baca Juga: Bahas Penilaian Indeks Korupsi, Mahfud Ungkap Alasan Penegakan Hukum Kasus Korupsi Cenderung Lambat

Diketahui, pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan soal operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuai kontroversi.



Sumber : Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.