Kompas TV internasional kompas dunia

Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland, Hampir 6.000 Km dari Episentrum

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 22:29 WIB
getaran-gempa-turki-terasa-hingga-greenland-hampir-6-000-km-dari-episentrum
Sejumlah kendaraan terparkir di depan sebuah bangunan yang runtuh akibat gempa bumi di Diyarbakir, di bagian selatan Turki pada Senin pagi, 6 Februari 2023. Gempa bumi dengan magnitudo 7,8 mengguncang wilayah tenggara Turki dan utara Suriah pada Senin pagi. Getaran gempa dilaporkan mencapai Greenland, Denmark. (Sumber: Depo Photos via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

ANKARA, KOMPAS.TV - Getaran dari gempa besar yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi dilaporkan mencapai Greenland yang menjadi bagian dari Kerajaan Denmark. Greenland berjarak hampir 6.000 kilometer dari episentrum gempa di dekat Gaziantep, tenggara Turki.

Gempa berkekuatan 7,8M mengguncang Turki dan Suriah pada Senin sekitar pukul 04.17 waktu Turki. Kedalaman gempa dilaporkan sekitar 17 kilometer dari permukaan bumi.

Baca Juga: Gempa Susulan Besar Guncang Turki dan Suriah, USGS Sebut Berkekuatan 7,5M dan Kedalaman 10 Km

Hingga berita ini diturunkan, seperti dilansir Daily Sabah, gempa menimbulkan 1.498 korban jiwa di Turki. Sementara di Suriah, korban jiwa mencapai lebih dari 783 orang. Korban jiwa berkemungkinan bertambah.

Menurut Geological Survey of Denmark and Greenland (GEUS), gempa yang berepisentrum di Turki ini getarannya terekam seismograf di Denmark dan Greenland. 

"Gempa besar di Turki dengan jelas terekam pada seismograf di Dennmark dan Greenland," kata seismologis Denmark, Tine Larsen, kepada AFP, dikutip Daily Sabah.

"Gelombang dari gempa itu mencapai seismograf di Pulau Bornholm, Denmark sekitar lima menit setelah guncangan dimulai," lanjutnya.

Larsen menambahkan, delapan menit usai gempa, getarannya mencapai pesisir timur Greenland dan menyebar ke seantero pulau terbesar di dunia itu.

Setelah guncangan pertama, puluhan gempa susulan dilaporkan terjadi di Turki. United States Geological Survey (USGS) merekam banyak gempa susulan yang berkekuatan hingga 7,6M.

Salah satu gempa susulan yang berkekuatan 7,5M terjadi dengan kedalaman hanya 10 kilometer dari permukaan bumi.

Baca Juga: Hujan Salju Lebat Diprediksi Landa Turki usai Gempa, KBRI Ankara Imbau WNI Batasi Keluar Rumah



 



Sumber : Kompas TV, Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x