Kompas TV olahraga sepak bola

Antisipasi Suap, KP dan KBP Pantau Kampanye Calon Anggota Exco PSSI

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 22:08 WIB
antisipasi-suap-kp-dan-kbp-pantau-kampanye-calon-anggota-exco-pssi
Ketua Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI Gusti Randa (kedua kanan) menyerahkan dokumen daftar calon tetap ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) PSSI kepada Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanuddin (kiri) seusai pengumuman penetapan para calon di Lobby GBK Arena, Jakarta, Senin (6/2/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kampanye para calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027 akan dipantau oleh Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Pemantauan dilakukan termasuk untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya praktik suap.

"Kami akan memantaunya. Kalau ada indikasi lain, instansi lain yang akan bergerak," ujar Ketua KBP PSSI Gusti Randa di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/2/2023), dikutip dari Antara.

Gusti menegaskan, para calon anggota Exco PSSI 2023-2027 harus melakukan kampanye dengan tertib tanpa melanggar aturan karena gerak-gerik mereka bisa saja dipantau oleh masyarakat.

"Kami mengimbau penyampaian visi dan misi tetap dalam koridor etika serta hukum," katanya.

Sementara Ketua KP PSSI Amir Burhannudin menjelaskan pihaknya memberikan kesempatan kepada semua calon anggota Exco PSSI 2023-2027 untuk mengampanyekan program mereka kepada para pemilik suara (voter) PSSI.

Baca Juga: Ini Daftar 78 Bakal Calon Exco PSSI, Masih Ada Sejumlah Orang Lama

Amir melanjutkan, hal itu supaya para voter memiliki gambaran jelas tentang apa yang direncanakan dan akan dilaksanakan oleh para calon.

"KP dan KBP akan memantau perkembangan-perkembangan mulai hari ini hingga hari pemilihan," tutur dia.

Namun, Amir menyebut KP tidak memfasilitasi kampanye para calon anggota Exco PSSI karena beberapa hal.

"Kami memiliki keterbatasan dan regulasi tidak secara pasti memberikan kewajiban kepada KP untuk melakukan itu."

"Selain itu, melihat perkembangan yang sudah dilakukan oleh masing-masing calon melalui media, maka kami putuskan tidak memfasilitasi pemaparan visi dan misi itu," tutur dia.

Sejauh ini, KP dan KBP sudah menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak dipilih di KLB PSSI 2023 pada 16 Februari 2023.

Mereka adalah lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum, dan 55 calon anggota Exco.

Kelima calon ketua umum PSSI 2023-2027 yaitu AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemie Francis.

Kemudian para calon wakil ketua umum adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Suratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi, Duddy Sutandi, Fary Djemie Francis, I Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi dan Zainudin Amali.

Sisanya, 55 nama merupakan calon anggota Exco PSSI.

Baca Juga: Mirip Iwan Budianto, Ratu Tisha Juga Ogah Dicalonkan Jadi Exco PSSI 2023-2027


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x