Kompas TV internasional kompas dunia

Update Gempa Turki- Suriah: Korban Tewas Tembus 640 dan Terus Bertambah, Kondisi Dingin dan Hujan

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 16:07 WIB
update-gempa-turki-suriah-korban-tewas-tembus-640-dan-terus-bertambah-kondisi-dingin-dan-hujan
Korban tewas gempa dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter di Turki Selatan dan Suriah Utara mencapai 640 orang sejauh ini dan diperkirakan terus bertambah, seperti laporan terbaru Associated Press hari Senin, (6/2/2023) per pukul 14.55WIB siang ini. (Sumber: DIA Images via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

ANKARA, KOMPAS.TV - Korban tewas gempa dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter di Turki Selatan dan Suriah Utara mencapai 640 orang sejauh ini dan diperkirakan terus bertambah, seperti laporan terbaru Associated Press hari Senin, (6/2/2023) per pukul 14.55WIB siang ini.

Setidaknya 20 gempa susulan, beberapa jam kemudian di siang hari, yang terkuat berkekuatan 6,6, kata pihak berwenang Turki.

Ratusan warga juga dipastikan terluka dan jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena petugas penyelamat masih mencari dibawah puing-puing bangunan di kota-kota besar dan kecil di seluruh area terdampak.

Di kedua sisi perbatasan, penduduk tersentak dari tidurnya akibat gempa menjelang fajar lalu bergegas keluar dengan panik pada malam musim dingin yang dingin, hujan, dan bersalju. Bangunan-bangunan kemudian runtuh rata dengan tanah ditambah gempa susulan yang kuat setelah kejadian.

Petugas penyelamat dan penduduk di beberapa kota mencari korban selamat, bekerja menembus logam yang kusut dan tumpukan beton raksasa.

Di kota Adana, Turki, seorang warga mengatakan tiga bangunan di dekat rumahnya runtuh, "Saya tidak punya kekuatan lagi," terdengar seorang korban selamat berteriak dari bawah reruntuhan saat petugas penyelamat berusaha menghubunginya, kata warga, mahasiswa jurnalisme Muhammet Fatih Yavus seperti dikutip Associated Press.

Lebih jauh ke timur di Diyarbakir, derek dan tim penyelamat mengevakuasi korban dengan tandu keluar dari tumpukan reruntuhan lantai beton yang dulunya merupakan gedung apartemen.

Di sisi perbatasan Suriah, gempa menghancurkan wilayah yang dikuasai oposisi yang dipenuhi sekitar 4 juta orang pengungsi dari bagian lain Suriah akibat perang saudara yang berkepanjangan di negara itu.

Baca Juga: Gempa M 7,8 Guncang Turki dan Suriah, Lebih dari 90 Orang Tewas

Korban tewas gempa dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter di Turki Selatan dan Suriah Utara mencapai 640 orang sejauh ini dan diperkirakan terus bertambah, seperti laporan terbaru Associated Press hari Senin, (6/2/2023) per pukul 14.55WIB siang ini. (Sumber: IHA Agency via AP)

Banyak dari mereka hidup dalam kondisi jompo dengan sedikit perawatan kesehatan. Petugas penyelamat mengatakan rumah sakit di daerah itu dengan cepat diisi dengan yang terluka.

"Kami khawatir kematian mencapai ratusan," kata Muheeb Qaddour, seorang dokter, melalui telepon dari kota Atmeh, mengacu pada seluruh wilayah yang dikuasai pemberontak. 

Raed Salah, kepala White Helmets setempat organisasi darurat yang bekerja di daerah oposisi, mengatakan seluruh lingkungan runtuh di beberapa daerah.

Gempa dahsyat tersebut bahkan terasa hingga ke Kairo, Mesir, setelah menyapu wilayah perang saudara di Suriah. 

Jutaan pengungsi Suriah saat ini tinggal di Turki. Wilayah Suriah yang terkena gempa terbagi antara wilayah yang dikuasai pemerintah dan kantong terakhir yang dikuasai oposisi negara itu, yang dikepung pasukan pemerintah Suriah yang didukung Rusia. 

Gempa itu berpusat sekitar 90 kilometer dari perbatasan Suriah di luar kota Gaziantep, ibukota provinsi utama Turki. Setidaknya 20 gempa susulan menyusul, beberapa jam kemudian di siang hari, yang terkuat berkekuatan 6,6, kata pihak berwenang Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa "tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim" ke daerah yang dilanda gempa, “Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” tulisnya.

Baca Juga: Gempa Bumi 7,8 Magnitudo Hantam Turki, Getarannya Terasa Hingga Gaza dan Tel Aviv

Korban tewas di wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah naik menjadi 237 orang dengan lebih dari 630 terluka, menurut media pemerintah Suriah. Setidaknya 47 orang dilaporkan tewas di daerah yang dikuasai pemberontak. (Sumber: IHA Agency via AP)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.