Kompas TV regional berita daerah

Harga Bumbu Dapur Naik Karena Jalur Lintas Aceh-Medan Amblas

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 15:49 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Pasca jalur lintas Banda Aceh menuju Kota Medan amblas, tepatnya di kawasan Saree Aceh Besar, sejumlah truk pengangkut barang harus memutar arah dari Laweung Pidie menuju Kota Banda Aceh, sehingga membutuhkan waktu dan biaya tambahan. 

Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh pada pasokan barang di pasar induk Lambaro Aceh Besar. Pedagang mengaku harga barang naik karena dipicu oleh faktor cuaca seperti hujan dan banjir sehingga membuat mereka harus membeli barang di atas harga normal. 

Harga komoditi yang alami kenaikan diantaranya tomat, kentang, dan cabai merah. Masing-masing komoditi alami kenaikan mulai dari  tiga ribu hingga tujuh ribu rupiah perkilogram dari harga normal. 

Sementara itu untuk harga bawang merah, cabai kecil dan sejumlah bumbu dapur lainnya masih stabil. Pedagang memasok barang biasanya dari Berastagi, Sumatera Utara, Takengon dan terkadang dari petani lokal Aceh lainnya. Jika petani lokal Aceh seperti Aceh Besar, dan Pidie, panen raya biasanya harga komoditi pasar ini akan turun. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x