Kompas TV regional berita daerah

TNI Kodam Iskandar Muda Bersihkan Makam Pengarang Kitab Delapan

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 15:16 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Kegiatan bersih-bersih seperti ini disebut dengan Meuseraya. Kali ini pembersihan makam Ulama Syekh Ismail Al-Asyi yang berada di Desa Empee Trieng, Darul Kamal Aceh Besar.

Semasa hidupnya, Syekh Ismail merupakan editor Kitab Delapan. Selain itu, dia juga di catat oleh beberapa literasi sebagai salah seorang pahlawan dalam mengusir penjajahan Belanda.

Kitab Delapan sendiri tidak asing bagi kalangan masyarakat Aceh, dimana kitab tersebut masih digunakan di dunia pendidikan khususnya dayah dan pondok pesantren yang ada di Aceh.

Prajurit TNI Kahubdam Iskandar Muda ini bersama dengan warga membersihkan makam dengan cara mencabut berumput dan semak belukar serta batu nisan yang mulai berserakan diletakkan atau ditancapkan kembali. Kegiatan rutin ini hanya membersihkan makam keluarga kerajaan, para ulama, serta tokoh masyarakat di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Diharapkan, kegiatan seperti ini juga dilakukan disejumlah lokasi makam-makam kuno yang ada di seluruh Aceh, hal ini sebagai upaya merawat situs peninggalan sejarah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.