Kompas TV regional berita daerah

Tekan Kasus DBD, Denpasar Gunakan Metode Wolbachia

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 13:59 WIB
Penulis : KompasTV Dewata


GENPASAR, KOMPAS TV - Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD di Kota Denpasar terus mengalami peningkatan. Di tahun 2022, Dinas Kesehatan Kota Denpasar mencatat ada sebanyak 1.096 kasus dengan jumlah 6 orang meninggal.

Untuk menekan lonjakan kasus DBD setiap tahunnya, Pemkot Denpasar dalam mengendalikan Demam Berdarah Dengue akan menggunakan inovasi teknologi metode Wolbachia.

Wolbachia merupakan salah satu jenis bakteri yang ditemukan pada sekitar 50 persen serangga. Bakteri Wolbachia nantinya dapat melumpuhian virus Dengue dalam tubuh nyamuk Aedes Aegypti, sehingga tidak akan menular ketubuh manusia.

Nantinya diharapkan dengan menggunakan metode Wolbachia ini kasus DBD di Kota Denpasar bisa terkendali. Penggunaan metode ini telah dibuktikan di Yogyakarta.

Masyarakat tetap diwajibkan melakukan pencegahan dengan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur. Nantinya penerapan metode ini akan dilakukan secara bertahap di wilayah Bali.

 

 

 

 

 

 

 

#wolbachia   #demamberdarah   #pemkordenpasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.