Kompas TV nasional peristiwa

Tabuh Bedug, Wapres Maruf Amin Buka Muktamar Internasional Fikih Peradaban I Acara Harlah 1 Abad NU

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 14:00 WIB
tabuh-bedug-wapres-maruf-amin-buka-muktamar-internasional-fikih-peradaban-i-acara-harlah-1-abad-nu
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Maruf Amin menabuh bedug saat membuka acara Muktamar Internasional Fikih Peradaban I dalam rangka Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) di Surabaya, Senin (6/2/2023). (Sumber: LTN PBNU/Saiful Amar)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

SURABAYA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin membuka acara Muktamar Internasional Fikih Peradaban I dalam rangka Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) di Surabaya, Senin (6/2/2023).

"Bismillah. Muktamar Internasional Fikih Peradaban I resmi saya buka," tegas Wapres Ma'ruf, Senin (6/2).

Ia lantas menabuh bedug di atas panggung yang disaksikan oleh banyak peserta maupun sejumlah tokoh di Shangri-La Hotel, Surabaya. 

Sejumlah tokoh yang mendampingi Wapres Ma'ruf di atas panggung, di antaranya Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bishri, Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan Wakil Grand Syeikh Al Azhar.

Di dalam forum yang bertajuk "Membangun Landasan Fiqih untuk Perdamaian dan Harmoni Global" itu, Ma'ruf mengatakan, ilmu fikih harus mampu merespons dinamika masyarakat dan perkembangan zaman. 

"Ilmu fikih harus dapat menyesuaikan dan berkarakteristik dinamis menerima perkembangan zaman," ujarnya.

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU, Muhammadiyah Siapkan Ribuan Porsi Makan-Minum hingga Tempat Pakir untuk Nahdliyin

Ia menilai, keniscayaan mengenai fatwa baru amat penting. Pasalnya, sumber hukum utama umat Islam, yakni Al Qur’an dan Hadits sangat terbatas, sementara permasalahan baru dan terbarukan datang silih berganti.

"Orang yang berpikir bahwa hukum tidak bisa berubah maka bisa dipastikan orang itu tidak memahami Islam itu sendiri," imbuhnya. 

Menurut mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, NU sebetulnya sudah lama mengadopsi fleksibilitas dan pemikiran Islam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x