Kompas TV regional gaya hidup

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan di Tempat Kerja

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 14:00 WIB
pentingnya-kesejahteraan-karyawan-di-tempat-kerja
Perusahaan harus mampu memerhatikan kesejahteraan karyawannya. (Sumber: Freepik/tirachardz)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjadi pekerja bukanlah hal mudah. Kita harus bisa menjaga keseimbangan antara hidup pribadi dan pekerjaan. Saat di rumah, menjaga kesejahteraan adalah tanggung jawab kita masing-masing. Sementara itu, saat di tempat kerja, perusahaan harus turut andil untuk menjaganya.

Menurut CIPD, ada peningkatan jumlah masalah kesehatan mental yang dilaporkan selama 10 tahun terakhir. Dalam banyak kasus, salah satu pemicu kondisi ini disebabkan oleh masalah psikologis di tempat kerja.

Padahal, Krekel, dkk. (2019) menunjukkan kalau kebahagiaan karyawan bisa berpengaruh pada produktivitas mereka. Jika mereka bekerja secara maksimal, tentunya hal ini bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Hendra Tjong, CEO KlikDokter, dalam siniar Obsesif episode “Improve Employee Wellbeing in the Workplace” dengan tautan akses bit.ly/ObsesifHendra, pun juga menekankan pentingnya kesejahteraan karyawan. Bahkan, ia memberi beberapa tips untuk membuatnya lebih baik.

Mengapa Penting Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan?

Sudah sewajarnya perusahaan memberikan fasilitas yang mendukung perkembangan dan kesehatan fisik maupun mental karyawannya. Memberikan mereka fasilitas yang layak dapat membuat karyawan merasa dihargai dan didukung. Hal ini juga dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam tugas-tugas baru yang menantang.

Penelitian Universitas Oxford menunjukkan 13 persen pekerja lebih produktif jika mereka bahagia. Pasalnya, jika merasa lebih baik, mereka pun akan bekerja dengan maksimal sebab pekerja memiliki waktu untuk mempraktikkan gaya hidup work-life balance

Baca Juga: Kenapa Kita Tak Boleh Berhenti Belajar?

Menurut ConnecTeam, 38 persen Gen Z di Amerika Serikat pun lebih selektif dalam mencari kerja. Alih-alih memilih perusahaan yang mampu menuntun mereka berkembang, faktor pertama yang mereka utamakan adalah lingkungan kerja yang sehat, misalnya dipermudah dalam mengambil cuti hingga fasilitas kesehatan mental.

Kondisi ini pun serupa dengan berita yang menunjukkan kalau Gen Z dan milenial lebih tertarik menjadi PNS. Dibandingkan pekerjaan lainnya, PNS dinilai lebih santai sehingga mereka bisa bekerja tanpa tekanan. Selain itu, mereka juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.