Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

800.000 Penumpang Akan Pakai KRL Hari Ini, Kereta Feeder Ditambah, Ini Rutenya

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 08:48 WIB
800-000-penumpang-akan-pakai-krl-hari-ini-kereta-feeder-ditambah-ini-rutenya
Penumpang KRL Commuterline menunggu kedatangan kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. KAI Commuter prediksi 800.000 penumpang akan gunakan KRL pada Senin (6/2/2023). . (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) memprediksi, 800.000 orang akan menggunakan KRL pada hari ini, Senin (6/2/2023.

Untuk mengantisipasi kepadatan dan kenyamanan pengguna, KAI Commuter juga mengoperasikan perjalanan commuterline feeder tambahan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP.

Tepatnya pada jam sibuk pagi dan sore sebanyak 31 perjalanan per hari dengan headway 15-30 menit.

"Selain penambahan perjalanan commuterline feeder mulai Senin, 6 Februari 2023 KAI Commuter mengatur flow pengguna di area Stasiun Bogor. Pengguna yang akan masuk dan keluar dari arah Jl. Mayor Oking dan arah Parkiran harus melalui selasar," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran persnya, Minggu (5/2).

"Sedangkan dari Jl. Paledang dan Jembatan Merah, masih tetap bisa melalui JPO untuk menuju selasar. Pengaturan ini dilakukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna commuterline di Stasiun Bogor," tambahnya. 

Baca Juga: Siap Diresmikan, Begini Rupa Skywalk Kebayoran Lama yang Hubungkan Stasiun KRL dan Transjakarta

Berdasarkan data KAI, selama bulan Januari kemarin total volume pengguna sebanyak 22.716.957 orang. Sedangkan rata-rata volume pengguna khusus hari Senin sebanyak 762.769 orang, dengan volume tertinggi pada Senin 9 Januari 2023 lalu yaitu sebanyak 820.884 orang. 


 

Angka tersebut lebih tinggi 35% jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada libur akhir minggu yaitu sebanyak 563.834 orang per hari nya.

"KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuterline yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan," ujar Anne. 

KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan Commuterline Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. 

Baca Juga: KAI Sayangkan Pin Khusus Ibu Hamil Untuk KRL Dijual Bebas di Marketplace

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuterline untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. 

Gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuterline yang akan dinaiki secara real time. 

"Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuterline di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalananya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan Kereta," tutur Anne.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.