Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Zelenskyy Copot Menhan Oleksii Reznikov, Tunjuk Bos Intelijen Ukraina sebagai Pengganti

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 08:39 WIB
zelenskyy-copot-menhan-oleksii-reznikov-tunjuk-bos-intelijen-ukraina-sebagai-pengganti
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mencopot menteri pertahanan Oleksii Reznikov dan menggantinya dengan bos intelijen Ukraina yang juga sekutu dekat Zelenskyy, Jenderal Kyrylo Budanov, kata David Arakhamia, salah satu anggota parlemen senior dan ketua aliansi Zelenskyy di parlemen hari Minggu, (6/2/2023) (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mencopot menteri pertahanan Oleksii Reznikov dan menggantinya dengan bos intelijen Ukraina yang juga sekutu dekat Zelenskyy, Jenderal Kyrylo Budanov, seperti dikatakan David Arakhamia, salah satu anggota parlemen senior dan ketua aliansi Zelenskyy di parlemen hari Minggu, (6/2/2023) seperti laporan Straits Times

Reznikov akan dipindahkan ke jabatan menteri industri pertahanan kata David Arakhamia, “Perang menentukan perubahan dalam kebijakan personel,” kata Arakhamia di aplikasi perpesanan Telegram.

Pencopotan Reznikov akan menjadi perubahan tokoh tertinggi pemerintah dalam serangkaian pengunduran diri dan pemecatan menyusul skandal korupsi akhir bulan lalu dan janji Zelenskyy agar Ukraina memenuhi standar Barat dalam pemerintahan yang bersih. 

Arakhamia mengatakan badan-badan "kekuatan" Ukraina, seperti kementerian pertahanan, tidak boleh dipimpin oleh politisi selama masa perang, tetapi orang-orang dengan latar belakang pertahanan atau keamanan.

Dia menambahkan Reznikov akan diangkat menjadi menteri industri strategis. 

Reznikov, yang sebelumnya mengatakan bahwa setiap keputusan tentang perombakan berada di tangan Zelenskyy, menyebut mutasi ke kementerian baru adalah berita baginya. 

"Jika saya tiba-tiba menerima tawaran seperti itu dari presiden Ukraina atau perdana menteri, saya akan menolaknya, karena saya tidak punya keahlian," kata Reznikov.

Baca Juga: Waduh, Petinggi Kemhan Ukraina Dituduh Korupsi Dana Pembangunan Barak Rp2,1 Miliar

Jenderal Kyrylo Budanov yang masih berusia 37 tahun. Zelenskyy mencopot menteri pertahanan Oleksii Reznikov dan menggantinya dengan bos intelijen Ukraina yang juga sekutu dekat Zelenskyy, Jenderal Kyrylo Budanov (Sumber: Ukraine Presidency)

Tidak ada pernyataan langsung dari Zelenskyy tentang penggantian Reznikov, mantan pengacara yang menjadi menteri pertahanan pada November 2021, beberapa bulan sebelum Rusia melancarkan serangan skala penuh ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Arakhamia tidak mengatakan kapan langkah itu akan diresmikan. 

Budanov, 37 tahun, adalah seorang agen intelijen misterius dan kenyang operasi rahasia dan karirnya meroket sejak memimpin Direktorat Utama Intelijen Ukraina. 

Perombakan tersebut bertepatan dengan kekhawatiran Ukraina bahwa Rusia sedang merencanakan serangan besar baru bulan ini. Ukraina merencanakan serangan balasannya sendiri tetapi sedang menunggu pasokan tank tempur dan kendaraan tempur infanteri dari Barat.




Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x