Kompas TV bisnis kebijakan

DPRD DKI Sebut Wisma Atlet Jadi Sarang Kuntilanak, Pengamat: Jangan Dialihfungsi Jadi Rusun

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 06:49 WIB
dprd-dki-sebut-wisma-atlet-jadi-sarang-kuntilanak-pengamat-jangan-dialihfungsi-jadi-rusun
Operasional RSDC Wisma Atlet Kemayoran resmi diberhentikan secara bertahap karena tidak adanya pasien yang dirawat mulai Sabtu (31/12). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah tak lagi difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19, muncul usulan agar Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, dijadikan rusun. Namun, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai, sebaiknya hal itu tidak dilakukan.

Ia menilai, jika Wisma Atlet dijadikan rusun, tidak ada lagi fasilitas serupa yang mumpuni di Jakarta. Terlebih dalam beberapa waktu ke depan cukup banyak agenda olahraga internasional yang akan diselenggarakan di Jakarta seperti Piala Dunia U20, Formula E dan lainnya termasuk olimpiade.

"Lebih baik kembali ke rencana semula dibangunnya gedung-gedung itu, namanya Wisma Atlet berarti tetap dan diutamakan untuk para atlet dan kegiatan-kegiatan olahraga internasional," kata Nirwono seperti dikutip dari Antara.

Nirwono yang juga Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan itu mengatakan, jika rencana alih fungsi tersebut ingin dijalankan, dia berpandangan bahwa sebaiknya ada pengkajian lagi terhadap rencana-rencana kota Jakarta ke depan.


 

"Jika pemerintah berencana menjadikan Jakarta kota olahraga dunia dengan berbagai kalender kegiatan olahraga internasional bahkan menargetkan menjadi tuan rumah olimpiade, maka keberadaan Wisma Atlet harus dipertahankan dan dipelihara dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: Urbanisasi ke Jakarta Naik, Heru Budi: DKI Punya RS Bagus, Bansosnya Ada 17

Sementara untuk kebutuhan rusun, Jakarta harus membangunnya sendiri dengan kemampuan penganggaran daerah yang sangat besar.

"Jadi jangan ada kesan Pemda DKI mau gampangnya saja, harusnya Pemda DKI membangun lebih banyak rumah susun untuk warga DKI sendiri dengan APBD DKI yang cukup besar," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memproses alih fungsi Wisma Atlet Kemayoran menjadi rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

Ida menjelaskan, wacana itu sudah bergulir sejak sebelum COVID-19. Namun urung direalisasikan lantaran wisma itu dipakai sebagai tempat perawatan pasien COVID-19.

"Saya sudah diskusi dengan Pak Saefullah (eks Sekda) baru tahap diskusi lalu COVID-19, akhirnya dipakai COVID-19," kata Ida.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.