Kompas TV nasional sosial

Heru Budi Ungkap Banyak Warga Miskin Ramai-Ramai Pindah ke Jakarta, Ternyata Ini Alasannya

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 06:30 WIB
heru-budi-ungkap-banyak-warga-miskin-ramai-ramai-pindah-ke-jakarta-ternyata-ini-alasannya
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) saat memberikan keterangan usai rapat koordinasi Operasi Lilin Jaya 2022 di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/12/2022). (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/aa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, akhir-akhir ini banyak warga berpenghasilan rendah atau miskin dari luar DKI yang pindah ke Jakarta.

Ia pun membeberkan alasan mereka pindah ke Ibu Kota karena hanya ingin mendapatkan layanan kesehatan hingga layanan sosial yang baik. 

Baca Juga: Heru Budi Ungkap Sudah Ada 7 Pendaftar Jadi Sekda DKI, 2 Orang dari Luar Jakarta

"Hal ini karena apa? Karena dokternya bagus, RS-nya bagus, dan AC. Di tempat lain, tidak ditemukan itu,” kata Heru Budi di Jakarta, Minggu (5/2/2023).

“Belum lagi jaring pengaman sosialnya, ada 17 mulai KJP (Kartu Jakarta Pintar) hingga bantuan sembako.”

Lebih lanjut, Heru mencontohkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, misalnya. Dari 14 pasien dalam satu ruangan, 9 orang di antaranya merupakan warga luar DKI Jakarta.

Selain karena ingin mendapat layanan kesehatan dan sosial, menurut Heru, hal itu terjadi karena adanya kebijakan pemerintah pusat yang mengizinkan perpindahan penduduk tidak lagi memerlukan rekomendasi.

Baca Juga: Sebelum Ditemukan di Pinggir Jalan Ciledug, Malika Pernah Dibawa Penculik Mulung di Jakarta Utara

Pada akhirnya, kata Heru, terjadilah penambahan perpindahan penduduk. Termasuk di kantung-kantung masyarakat berpenghasilan rendah di Jakarta.

"Data yang saya terima per bulan ini, perpindahan penduduk naik, termasuk mohon maaf sekali lagi, di kantong-kantong masyarakat berpenghasilan rendah semakin meningkat," ucap Heru.

Sementara Heru mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait fenomena ini. Sebab, ia tidak diperbolehkan melakukan batasan atas perpindahan penduduk tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.