Kompas TV olahraga sepak bola

FIFA Izinkan Indonesia Gelar Upacara Pembukaan dan Penutupan Piala Dunia U20 2023

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 00:05 WIB
fifa-izinkan-indonesia-gelar-upacara-pembukaan-dan-penutupan-piala-dunia-u20-2023
Maskot resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Bacuya (Bada Cula Cahaya) diperkenalkan oleh PSSI dan Kemenpora, dalam acara CFD di Jakarta, Minggu (18/9/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Indonesia sudah mendapatkan izin dari FIFA untuk menggelar upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023.

Piala Dunia U20 sendiri sendirian merupakan ajang dari FIFA yang biasanya tidak dibuka dan ditutup dengan acara seremonial. 

Tapi khusus di tahun ini, Indonesia secara khusus diberi izin untuk menggelar upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023.

"Ada satu hal yang berbeda di U20, di beberapa negara sebelumnya sebenarnya U20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau opening-nya. Tapi khusus untuk Indonesia, ini oleh Presiden FIFA itu diizinkan," kata Zainudin dikutip dari Antara

Menpora menambahkan, pihaknya sudah bertemu langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino jelang final Piala Dunia 2022 lalu dan memberikan lampu hijau kepada Indonesia. 

"Kita berbicara siang (dengan Presiden FIFA), dan oke," imbuhnya. 

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, Pembentukan Panitia Daerah Tunggu Panduan LOC

Namun, pada upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023 nantinya tidak akan dilangsungkan lebih meriah daripada seremoni di Piala Dunia senior. 

Rencananya, upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023 bakal dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

"Dan itu sudah diputuskan (pembukaan dan penutupan), di GBK (Gelora Bung Karno)," ungkapnya. 

Piala Dunia U20 Indonesia akan dilaksanakan pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. 

Dalam ajang tersebut, ada enam stadion yang dipilih untuk menjadi venue pertandingan. 

Keenam stadion tersebut adalah yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Saat ini, enam stadion sedang dalam fase disterilkan dan renovasi akhir sebelum digunakan pada Piala Dunia U20.  

Baca Juga: Menpora Pastikan Indonesia Siap Gelar Piala Dunia U20 dan FIBA World Cup 2023



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.