Kompas TV nasional hukum

LPSK Pantau Kesehatan Fisik dan Psikologis Richard Eliezer jelang Sidang Vonis 15 Februari 2023

Kompas.tv - 5 Februari 2023, 19:36 WIB
lpsk-pantau-kesehatan-fisik-dan-psikologis-richard-eliezer-jelang-sidang-vonis-15-februari-2023
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Richard Eliezer, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Bharada Richard Eliezer, akan menghadapi sidang vonis pada 15 Februari 2023. 

Menjelang putusan hakim, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terus memberikan pendampingan kepada Eliezer, salah satunya dengan terus memantau kesehatan fisik dan psikologis terdakwa yang berstatus justice collaborator tersebut. 

"Kami terus memantau kesehatan fisik termasuk psikis (Richard Eliezer)," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi dalam Kompas Petang Kompas TV, Minggu (5/2/2023).

"Termasuk juga kami memberikan atau memfasilitasi pendampingan rohani kepada Eliezer.

LPSK, kata Edwin, juga terus memberikan penjagaan intensif untuk menjamin keselamatan Eliezer. 

Dia mengatakan sejak proses hukum terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua bergulir hingga saat ini, LPSK telah mengerahkan petugasnya untuk menjaga Eliezer secara langsung di rumah tahanan (rutan) selama 24 jam.

"Untuk keamanan, kami menempatkan orang di dalam rutan, tetapi untuk jumlahnya kami tidak bisa saya sebutkan," jelasnya. 

Tak hanya itu, selama di tahanan, Eliezer juga hanya makan makanan yang disediakan LPSK.

"Meski mendapatkan jatah makan, untuk memastikan bahwa apa yang konsumsi Eliezer sesuatu yang terjamin, kami yang memberikan makanan," tegasnya.

Baca Juga: Menanti Vonis Adil Hakim Terhadap Sambo Cs dan Eliezer!

Kondisi Richard Eliezer 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.