Kompas TV regional berita daerah

Gemapatas Langkah Solutif Atasi Masalah Kepemilikan Hak Tanah Warga

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 23:28 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Kementerian Agraria Dan Tata Ruang,Badan Pertanahan Nasional,mencanangkan kegiatan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas sebanyak 1 juta patok secara serentak yang dilaksanakan di 33 provinsi, termasuk Kalimantan Timur.

Kegiatan Gemapatas dilaksanakan di Kantor Keluruhan Loa Bakung,Kecamatan Sungai Kunjang,Kota Samarinda.

Kegiatan hari ini pun juga disaksikan secara langsung oleh Menteri ATR,BPN,Hadi Cahyanto, yang turut hadir dalam acara pemasangan patok batas bidang tanah di Kabupaten Cilacap/Provinsi Jawa Tengah, secara daring.

Gemapatas ini merupakan bentuk akselerasi dari kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap terintegrasi,2023. Dan sudah ditetapkan dalam peraturan Menteri ATR,BPN nomor 6 tahun 2018.

Ditargetkan sebanyak 2.500 patok batas tanah akan dipasang di kota Samarinda,dari target keseluruhan di Kalimantan Timur sebanyak 12.000 patok. Patok batas bidang tanah tersebut akan dipasang oleh masing-masing pemilik tanah dengan persetujuan pemilik tanah yang berbatasan.

Diharapkan, program gemapatas, membuat warga segera mendaftakan tanah mereka untuk disertifikasi, sebagai upaya untuk menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Serta menjaga tanda batas tanah yang dimilikinya, hingga meminimalisir konflik maupun sengketa batas tanah antar masyarakat.

 #IKN #BPN #ATR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.