Kompas TV internasional kompas dunia

Pertemuan Menlu Asean 2023 di Jakarta Berakhir, Ada Tiga Hal yang Dibicarakan

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 14:54 WIB
pertemuan-menlu-asean-2023-di-jakarta-berakhir-ada-tiga-hal-yang-dibicarakan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berbicara pada pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN 2023 di Gedung ASEAN, Jakarta, Sabtu (4/2/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan menteri luar negeri (menlu) ASEAN 2023 akhirnya berakhir pada Sabtu (4/2/2023).

Pertemuan Menlu ASEAN 2023 ini merupakan bagian dari forum Keketuaan Indonesia tahun ini.

Pada penutupan pertemuan di Gedung ASEAN, Jakarta, Menlu Retno Marsudi mengungkapkan, ada tiga hal yang dibicarakan pada pertemuan tersebut.

Ia mengungkapkan, ketiganya adalah tinjauan dan keputusan pemimpin ASEAN atas penerapan Konsensus Lima Poin, hubungan eksternal, dan masalah regional serta internasional.

Baca Juga: Indonesia Peringatkan Negara Besar agar Tak Gunakan ASEAN Jadi Proksi Konflik Mereka

Terkait tinjuan dan keputusan pemimpin ASEAN atas penerapan Konsensus Lima Poin, Retno mengungkapkan, sebagai Ketua ASEAN, Indonesia telah mengajukan dan telah merundingkan mengenai rencana implementasi konsensus tersebut.

“Dukungan luas telah diterima dari semua anggota terkait rencana ini. Rencana ini sangat penting bagi ASEAN, sebagai panduan untuk mengatasi situasi di Myanmar dengan sikap persatuan,” katanya.

“Itu menunjukkan adanya persatuan yang kuat dari anggota ASEAN untuk mengimplementasikan five points of consencus,” lanjutnya.

Sedangkan terkait pertukaran mengenai masalah regional dan internasional, Retno mengatakan sejumlah permasalahan telah dibicarakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.