Kompas TV nasional kesehatan

Peringatan Hari Kanker Sedunia: Sumatera Utara Tuan Rumah Nasional, Ingatkan Pola Makan Sehat

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 06:12 WIB
peringatan-hari-kanker-sedunia-sumatera-utara-tuan-rumah-nasional-ingatkan-pola-makan-sehat
Ilustrasi - Memperingati hari kanker dunia ini masyarakat bisa turut mencegah penyakit kanker sejak dini dengan cara mengatur pola makan sehat seperti makan sayur dan sebagainya. (Sumber: Times of India)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV – Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4- 5 Februari  2023.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan berhara, di momen Hari Kanker Dunia ini masyarakat bisa turut mencegah penyakit kanker sejak dini dengan cara mengatur pola makan sehat seperti makan sayur dan sebagainya.

"Perilaku makan masyarakat kita sering makan fast food (cepat saji), jarang makan sayur, sayur ini makanan yang bisa menghindari beberapa penyakit kanker," ujar Alwi di Medan, Jumat (3/2/2023), dikutip dari Antara.

Adapun terkait kegiatan yang dilaksanakan pada 4- 5 Febuari 2023, pihaknya akan menggelar sejumlah kegiatan, diantaranya seminar nasional yang dihadiri Pengurus Pusat YKI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Dinas Kesehatan Sumatera Utara serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Jadi Faktor Risiko Kanker Payudara, Apa Saja?

"Kegiatan ini langsung dilaksanakan oleh YKI (Yayasan Kanker Indonesia) dari kementerian pusat dan dari kita dinas kesehatan provinsi," jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, kantor Gubernur Sumatera Utara tersebut juga berkolaborasi dengan sejumlah elemen yang bergerak di bidang peduli kanker di Kota Medan.

Baca Juga: Risiko Kematian akibat Kanker Tinggi, Kemenkes Dorong Masyarakat Deteksi Dini

"Kegiatan ini dukung oleh yayasan/ kelompok yang peduli kanker termasuk YOAM (Yayasan Onkologi Anak Medan) dan ada lagi yang lain, " kata Alwi Mujahit.

Union for Internasional Cancer dalam situsnya menyebutkan tema Hari Kanker Sedunia adalah "Close the Care Gap," dengan arti akhiri kesenjangan perawatan penderita kanker.


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.