Kompas TV nasional sosial

Gus Yahya Beberkan Rangkaian Kegiatan Peringatan 1 Abad NU, dari R20 hingga Resepsi Akbar

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 08:17 WIB
gus-yahya-beberkan-rangkaian-kegiatan-peringatan-1-abad-nu-dari-r20-hingga-resepsi-akbar
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya memberi sambutan di acara Malam Anugerah Satu Abad NU disiarkan KOMPAS TV, Jumat (3/2/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak sembilan kegiatan mewarnai rangkaian peringatan satu abad hari lahir Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menjelaskan sembilan kegiatan tersebut bukan sebatas menggambarkan capaian NU selama satu abad, tapi juga menggambarkan apa saja yang sedang dirancang untuk dilaksanakan bagi umat NU memasuki abad ke-2 NU.

Sembilan serangkaian kegiatan di antaranya inisiasi strategi gerakan perempuan NU atau NU woman.

Gus Yahya menjelaskan dalam kegiatan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ingin membangun sejumlah transformasi wawasan, pola pikir dan metalitas yang mendasar di masyarakat.

"Untuk mendorong transformasi itu tidak ada pilihan selain menempatkan perempuan di garis depan. Karena perempuan adalah ibu, ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya," ujar Gus Yahya saat membuka acara Malam Anugerah Satu Abad NU, yang ditayangkan KOMPAS TV, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga: PBNU Beri Penghargaan Anugerah Satu Abad Nahdlatul Ulama, Ini Daftar Lengkapnya

PBNU juga menggelar forum para pemimpin agama diseluruh dunia pada November 2022.

Gus Yahya menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar agama sebagai kekuatan pendamai dan kekuatan yang memberi solusi bagi masalah-masalah dunia dan tidak menjadi bagian dari masalah.

"Forum ini kami namai Religion Twenty," ujar Gus Yahya. 

Kemudian akan ada forum khusus untuk ulama yakni Muktamar Internasional Fiqih Peradaban I.

Baca Juga: Apresiasi Instansi dalam Membangun Peradaban Umat, PBNU Gelar Anugerah 1 Abad NU di TMII!

Forum internal umat Islam di seluruh dunia yang merupakan lanjutan dari Forum Religion Twenty (R20) yang melibatkan para pemimpin agama-agama di dunia yang digelar November 2022.

Rencananya kegiatan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban I ini akan digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/2/2023).

Kegiatan lain yakni NU teknologi untuk mendorong warga Nahdliyin bisa menyerap teknologi, menguasai, memanfaatkannya dan mempergunaakan secara strategis bagi kemaslahatan di masa depan. 

Ada juga pekan olah raga seni NU, festival tradisi Islam Nusantara serta resepsi akbar puncak peringatan hari lahir satu abad NU di stadion Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023.


 

"Resepsi akbar ini saya katakan kami terpakasa mengelarnya bukan kita mau hura-hura, tapi kami harus memenuhi dan saluran bagi semangat warga yang begitu besar untuk ikut serta memuliakan satu abad NU," ujar Gus Yahya.

Adapun dalam acara Malam Anugerah Satu Abad NU ini dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Istri Presiden ke-4 RI, Sinta Nuriyah. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x