Kompas TV nasional rumah pemilu

Saat NasDem Justru Bantah Surya Paloh Kasih Kode kepada Megawati: Seolah-olah Memohon, Tidak!

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 05:30 WIB
saat-nasdem-justru-bantah-surya-paloh-kasih-kode-kepada-megawati-seolah-olah-memohon-tidak
Kolase foto Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri (Sumber: kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem ogah Surya Paloh disebut beri kode-kode untuk bisa ketemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. Bahkan, enggan dianggap juga ketika pertemuan itu nantinya seperti NasDem harus memohon-mohon. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto yang juga membantah soal kode Surya Paloh tersebut.

"Enggak ada mau kasih kode ketemu," kata Sugeng di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga: Respons Kode Surya Paloh Ingin Temui Megawati, Hasto: Capres Kami Bukan yang Pintar Berpoles Diri

Lantas, Sugeng pun menjelaskan perihal pernyataan Surya Paloh ingin bertemu dengan Megawati lantaran pertanyaan dari awak media. 

Kode itu sendiri muncul ketika Surya Paloh bertemu dengan Airlangga Hartanto di DPP Golkar beberapa waktu lalu. 

"Ditanya (wartawan) apa mungkin ketemu, ya mungkin saja mungkin justru mau bertemu dengan siapapun. Bukan lantas secara spesifik kita mau ketemu Mega, tidak," ujar Sugeng dilansir tribunnews. 

Sugeng menegaskan pertemuan antar pimpinan partai politik (parpol) guna menciptakan kondusifitas bangsa.

"(Pertemuan parpol) harus dibangun bukan seolah-olah kita memohon-mohon, oh tidak. Konteksnya tidak begitu. Apalagi karena ada masalah, oh tidak," tegas dia.

Adapun jelang Pilpres 2024, hubungan PDI Perjungan dan NasDem disebut-sebut memanas imbas dukungan Anies Baswedan dan isu reshuflle kian menguat. 

Baca Juga: Surya Paloh Lempar Kode Bertemu Megawati, Perbaiki Hubungan Internal Partai Pendukung?

Respons PDI-P, Ogah Terkait Anies Baswedan

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menanggapi keinginan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang ingin bertemu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Menurut dia, pihaknya tak lantas menerima niat baik dari orang nomor satu di Partai NasDem itu yang ingin silaturahmi dengan Megawati. 

“Pak Surya Paloh kan bilang ada kode-kodenya. Nah ini kodenya kan harus kita tangkap dulu. Kodenya untuk apa? Untuk kepentingan bangsa dan negara? untuk kode elektoral? untuk kode capres cawapres?” kata Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/2). 

Namun, ketika pertemuan itu bicara soal Anies Baswedan dan capres, maka PDI-P menolak. 


 

"Kan NasDem sudah punya capres, dan ini kan capresnya berbeda dengan PDI-P. Karena pidato Ibu Mega kan kalau capres PDI-P dari kader, capres yang berprestasi. Bukan capres yang pintar berpoles diri. Kan beda? Nah kode-kodenya kami tangkap dulu,” ujarnya

Adapun kode itu muncul ketika Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengutarakan keinginannya bertemu dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Saya pikir keinginan untuk itu sih ada. Tinggal atur saja. Kita kasih kode-kode dulu. Barangkali bagaimana, kapan Bu Mega ada waktu yang baik?" tutur Surya Paloh, Rabu dikutip dari laporan tim jurnalis Kompas TV.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x