Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara, Pintu Air Pasar Ikan dan Marina Siaga 3 Dini Hari Tadi

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 07:24 WIB
waspada-banjir-rob-di-jakarta-utara-pintu-air-pasar-ikan-dan-marina-siaga-3-dini-hari-tadi
Operator Pompa Air Pasar Ikan, menunjukkan ketinggian air di Stasiun Pompa Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2019). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Warga Jakarta diminta untuk mewaspadai kemungkinan banjir rob atau banjir pesisir pada 2 sampai 6 Februari 2023 di beberapa wilayah.

Hal itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terutama bagi warga Jakarta Utara.

"Adanya fenomena fase bulan purnama (full moon) berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) pada pukul 07.00 - 10.00 WIB," tulis BPBD DKI Jakarta melalui media sosial Instagram @bpbddkijakarta, Kamis (2/2).

Pihak BPBD DKI Jakarta menyebut, setidaknya ada sembilan wilayah yang perlu mewaspadai banjir pesisir, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, dan Penjaringan.

Kemudian, daerah Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru. Semua wilayah tersebut terdapat di Jakarta Utara.

Sementara itu, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mencatat kondisi tinggi muka air di posko pemantauan Pasar Ikan dan Marina, Jakarta Utara berstatus waspada atau siaga tiga pada Jumat (3/2) dini hari tadi.

Baca Juga: Saat Teddy Minahasa Minta Sabu 5 Kg Dibawa ke Jakarta Pakai Pesawat, Langsung Ditolak Anak Buah

Berdasarkan data dari Dinas SDA DKI Jakarta, hasil pantauan pada pukul 03.00 WIB, posisi tinggi muka air di Pasar Ikan berada di -124 sentimeter (cm) di sungai dan 185 cm di laut yang artinya berstatus waspada dengan cuaca mendung di sekitar lokasi.

Sementara itu, di pos pantau Pintu Air Marina ketinggian muka air berada di titik 158 sentimeter (cm) di sungai dan 180 cm di laut, yang juga menempatkannya pada status waspada dan dengan cuaca mendung di sekitar lokasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x