Kompas TV nasional peristiwa

Saat Ketua MPR Ingin Semua Motor Bisa Masuk Jalan Tol: karena Jumlahnya Lebih Banyak dari Mobil

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 07:15 WIB
saat-ketua-mpr-ingin-semua-motor-bisa-masuk-jalan-tol-karena-jumlahnya-lebih-banyak-dari-mobil
Jalan tol Bali Mandara di Bali yang bisa dilalui motor. Ketua MPR RI wacanakan agar motor bisa masuk tol seperti di Bali (Sumber: PUPR)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet ingin agar pemerintah dan pengelola jalan tol memikirkan cara pengendara roda dua atau motor bisa masuk dan menikmati jalan akses hambatan di jalan tol.

Menurut Bamsoet, hal itu memungkinkan lantaran sudah ada contohnya, yakni jalan tol yang ada pemisah antara mobil dan motor seperti di Bali.

Bahkan, kata Bamsoet, wacana motor masuk jalan tol itu itu ideal mengingat jumlah motor di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan jumlah mobil.

“Kalau jalannya memungkinkan, seperti di Bali, ada pemisah jalannya, itu sangat ideal. Karena memang seharusnya tidak boleh ada diskriminasi. Karena kendaraan roda dua juga memiliki hak untuk menikmati jalan tanpa hambatan,” kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga: Ini Aturan Larangan Moge Masuk Tol, Pengecualian di Tol Suramadu dan Bali Mandara

Menurut Bamsoet, ia menyarankan agar pemerintah dan pengelola tol buat pembatas atau sekat, lebarnya sekitar dua sampai tiga meter, maka motor bisa masuk juga ke jalan tol.

"Tapi kalau kondisi tolnya tidak ada jalan pemisah, seperti yang hari ini banyak, itu memang agak riskan,” kata Bamsoet yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Lagipula, kata Bamsoet, tidak ada ruginya bikin jalan tol untuk motor karena sama-sama bayar pajak.


"Sama, mau moge, non-moge (mendapatkan hak jalan tol). Secara bisnis juga tidak merugikan, masuk tol motor juga bayar dan jumlahnya lebih banyak daripada mobil," kata Bamsoet.



Sumber : Kompas TV/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.