Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kondisi Keuangan Kurang Sehat, 11 Perusahaan Asuransi dalam Pengawasan Khusus OJK

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 05:45 WIB
kondisi-keuangan-kurang-sehat-11-perusahaan-asuransi-dalam-pengawasan-khusus-ojk
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (05/12/2022). OJK mencabut izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life/PT WAL). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan ada 11 perusahaan asuransi sedang dalam pengawasan khusus karena mempunyai kondisi keuangan yang kurang sehat. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank OJK Ogi Prastomiyono dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Kamis (2/2/2023). 

"Beberapa waktu lalu saya sebutkan ada 13, tapi ada dua perusahaan asuransi yang sudah berhasil disehatkan dan kembali ke pengawasan normal, satu perusahaan dicabut izin usahanya yakni WanaArtha Life, dan tambahan satu perusahaan yang masuk pengawasan khusus,” kata Ogi dikutip dari Antara

Selain WanaArtha Life, ada Kresna Life, AJB Bumiputera, dan Jiwasraya yang termasuk dalam 11 perusahaan yang dalam pengawasan khusus OJK. 

Sementara 8 perusahaan lainnya, OJK belum bisa mengungkapkan nama-nama perusahaan yang termasuk dalam pengawasan khusus. 

Lebih lanjut, Ogi memastikan, ke depannya OJK akan memperkuat pengawasan terhadap perusahaan asuransi secara menyeluruh.

Termasuk juga kepada perusahaan yang memberikan jasa penunjang kepada perusahaan asuransi, seperti konsultan aktuaris serta broker pialang.

“Dulu ada namanya direktur jasa penunjang yang melakukan pengawasan terhadap pihak tersebut, tapi dulu aktivitasnya lebih kepada memberikan pendaftaran dan izin, sekarang kami memperkuat peran pengawasannya,” tuturnya. 

Baca Juga: Daftar 102 Pinjol Legal Terdaftar di OJK Per Januari 2023, Disertai Cara Cek Pinjaman Online Ilegal



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.