Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Buka Pintu ke Nasdem Jika Ingin Bergabung ke KIB

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 18:15 WIB
ppp-buka-pintu-ke-nasdem-jika-ingin-bergabung-ke-kib
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS TV

Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) membuka pintu kepada Partai Nasdem jika ingin bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. KIB itu terdiri dari tiga partai politik (parpol), yakni Golkar, PPP dan PAN. 

Baca Juga: Surya Paloh: Ada Kemungkinan Nasdem Gabung ke KIB

Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengatakan, hingga saat ini KIB masih terbuka menerima parpol lain untuk memenangkan gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

"Kami sangat terbuka untuk bisa silaturahmi, diskusi, dan berkunjung dengan partai-partai lain, termasuk Nasdem," kata Arwani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/2/2023). 

Ia menyebut, situasi di dalam KIB masih kondusif dan hingga saat ini belum terlihat ada parpol yang akan bergabung. 

"Jadi saat ini PPP berada dalam KIB. Tentu apapun dinamika yang terjadi tentu kita akan melalui tahapan yang kita sepakati bersama," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Arwani, PPP akan melalui berbagai tahapan yang telah disepakati bersama terkait pengusungan capres dan cawapres 2024.

"Misalnya pada saat tertentu pasti akan membahas siapa capres-cawapres, bagaimana kalau sudah sepakat, bagaimana kalau tidak sepakat. Tentu ada hal-hal yang kita bicarakan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, masing-masing partai di KIB mempunyai nama-nama yang nantinya disodorkan untuk maju dalam pesta demokrasi nanti. 

"Mungkin kita di internal PPP sendiri juga ada beberapa nama yang itu saya kira akan pada saatnya kita akan membahasnya," katanya.

Sebelumnya, Surya Paloh mengatakan, pihaknya tetap membuka kemungkinan untuk bergabung bersama KIB dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

"Jadi probability, kemungkinan (Nasdem ke KIB) itu masih terbuka," kata Surya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Surya Paloh Berkunjung ke Golkar, DPW NasDem Jabar: Tidak Sekadar Silaturahmi dan Romantisme

Namun, kata Surya, tak menutup kemungkinan parpol yang tergabung dalam KIB itu ikut bersama Nasdem di Koalisi perubahan yang digagas oleh partainya, Demokrat dan PKS. 

"Sama-sama mungkin. Mungkin KIB juga bergabung dengan Nasdem," ujarnya.

#



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x