Kompas TV nasional rumah pemilu

Surya Paloh Berkunjung ke Golkar, DPW NasDem Jabar: Tidak Sekadar Silaturahmi dan Romantisme

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 15:58 WIB
surya-paloh-berkunjung-ke-golkar-dpw-nasdem-jabar-tidak-sekadar-silaturahmi-dan-romantisme
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kemarin Rabu (1/2/2023).

Saan menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan kunjungan balasan Partai Nasdem ke Partai Golkar karena sebelumnya Golkar sudah mengunjungi Partai Nasdem.

Soal romantisme yang dikatakan Surya Paloh, Saan menjelaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan nostalgia bagi Surya Paloh.

Baca Juga: Demokrat Buka Suara usai Surya Paloh Beri Sinyal Nasdem Gabung ke KIB: Biasa, Biar Tidak Kaku

“Karena di antara perjalanan politik yang panjang ini, hampir 43 tahun bersama Golkar. Tentu masuk rumah yang sudah lama ditinggalkan, ada suasana yang mungkin berbeda, suasana kebatinan, hati, dan psikologis,” kata Saan dalam Rumah Pemilu di Kompas TV, Kamis (2/2/2023).


 

Berkaitan dengan tahun politik, kunjungan tersebut juga dilakukan untuk memastikan dukungan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat. Saan bilang, Nasdem dan Golkar berkomitmen untuk mengawal pemerintahan Jokowi hingga akhir masa jabatan.

“Jadi Pak Surya dan Pak Airlangga bertanggung jawab menuntaskan dan mengawal pemerintahan Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin. Bagaimana mengawalnya, meredakan tensi politik, membuat suhu politik menjadi sejuk,” jelas Saan.

Baca Juga: Mengintip Seleksi Caleg PDIP, Golkar dan Demokrat, Modal Bisa Sampai Rp5 Miliar

Saan juga menjelaskan bahwa kunjungan tersebut tidak sekadar silaturahmi dan romantisme belaka. Ada sejumlah pembahasan yang dilakukan antara dua partai.

“Ada pembahasan yang substansinya sama-sama menjaga demokrasi kita. Salah satu bentuknya itu kesamaan pandangan terhadap sistem pemilu kita,” ujar Saan. 

“Golkar dan Nasdem sama-sama berpandangan bahwa sistem pemilu dengan daftar proporsional terbuka ini sudah baik dan terus kita perbaiki agar semakin baik.”

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu.

Baca Juga: Surya Paloh Lempar Kode Bertemu Megawati, Perbaiki Hubungan Internal Partai Pendukung?

Saat ditanya mengapa mendatangi Golkar terlebih dahulu ketimbang Partai PKS dan Demokrat, Surya Paloh menjelaskan bahwa Golkar menjadi prioritas utama bagi Nasdem.

“Prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan, sejarah perjalanan hidup saya pribadi,” kata Surya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x