Kompas TV nasional peristiwa

Mutasi Besar-besaran Perwira TNI, Brigjen Rafael Granada Baay Kini Jabat Danpaspampres

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 15:18 WIB
mutasi-besar-besaran-perwira-tni-brigjen-rafael-granada-baay-kini-jabat-danpaspampres
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam acara peresmian 16 infrastruktur milik TNI AL di Komando Latihan Koarmada I, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (26/12/2022). (Sumber: Dok. Puspen TNI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi dan promosi besar-besaran terhadap 84 perwira TNI, termasuk Brigjen Rafael Granada Baay.

Mutasi dan promosi dilakukan melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 31 Januari 2023.

Brigjen Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur H Badan Intelijen Strategis (Bais), kini menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden alias Danpaspampres.

Baca Juga: Panglima TNI Belum Siapkan Rencana Pemindahan Personel dan Mabes ke IKN, Ini Alasannya

Brigjen Rafael merupakan seorang perwira tinggi TNI asal Tidore, Maluku. Dia merupakan lulusan Akademi Militer 1993 dengan kecabangan infanteri dan lama berdinas di satuan TNI AD, Kopassus.

Jabatan Brigjen Rafel yang ditinggalkan digantikan oleh Kolonel Inf. Safta Feryansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Paban Utama H-1 Dit H Bais TNI.

Seperti dilansir Kompas.com, Marsda Wahyu Hidayat yang sebelumnya mengisi jabatan Danpaspampres, kini menjabat sebagai Komandan Pasukan Gerak Cepat alias Dankopasgat, menggantikan Marsda Taspin Hasan.

Sementara Marsda Taspin Hasan sekarang digeser ke posisi Perwira Staf Ahli Tk Bidang Ekkudag Panglima TNI.

Baca Juga: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Mutasi 223 Perwira: Kasum, Danpuspom dan Pangkoarmada Diganti

Panglima TNI juga melakukan rotasi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TSNB Hutabarat menjadi Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas.

Jabatan tersebut kini diisi oleh Laksda Maman Firmansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Kemudian Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda Widyargo Ikoputra juga digeser menjadi Wakil Komandan Kodulau.

Sedangkan jabatan lamanya diisi oleh Marsda Andi Kustoro yang sebelumnya menjabat Perwira Staf Ahli Tk III Bidang Ekkudag Panglima TNI.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap 32 Kapolsek di Polda Metro Jaya yang Dimutasi, Menteng hingga Tanah Abang

Ini adalah rotasi kedua yang dilakukan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Pada 16 Januari 2023, Yudo melakukan mutasi dan promosi terhadap 223 perwira.


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.