Kompas TV regional berita daerah

Penghujung 2022, Rp 19 Miliar Dana PKH Disalurkan ke Warga Semarang

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 13:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Semarang, Aldo Fitra Romansyah mengungkapkan, selama periode Oktober, November, dan Desember 2022, jumlah penerima bantuan sosial PKH se-Kota Semarang mencapai 28.077 keluarga.

Untuk PKH, nilainya berdasarkan komponen yang ada di dalam keluarga, sedangkan sembako Rp 200 ribu per bulan dan BLT BBM senilai Rp 150 ribu rupiah per bulan. Sehingga rata-rata setiap keluarga penerima manfaat menerima Rp 600 ribu hingga Rp 3.5 juta per bulan.

Untuk bantuan PKH, diberikan setiap triwulan sedangkan bantuan sembako dan BLT BBM diberikan setiap bulan. Namun khusus bulan Desember 2023, bantuan PKH dan sembako diberikan setiap triwulan, sedangkan BLT BBM disalurkan setiap dua bulan.

“Untuk penerima PKH se-Kota Semarang ada 28.077 keluarga atau sekitar Rp 19 miliar. Untuk bantuan PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, kemudian untuk sembako dan BLT BBM disalurkan setiap sebulan sekali,“ ujar Aldo Fitra Romansyah.

Salah seorang warga Kota Semarang, Siti Ruwani mengaku senang dengan bantuan yang diterimanya, karena bantuan sosial bisa membantu meringankan beban keluarganya sebab sang suami hanya merupakan petugas kebersihan dan dia sendiri tidak bekerja.

“Bantuan ini sangat membantu perekonomian keluarga. Bantuannya yang pelita senilai Rp 750 ribu lalu untuk sembako senilai Rp 250 ribu,“ kata Siti Ruwani.

Sudah lima tahun Siti Ruwani mendapat sejumlah bantuan sosial dari pemerintah. Ia menjelaskan bantuan untuk anak balitanya (pelita) senilai Rp 750 ribu, sedangkan bantuan sembako senilai Rp 250 ribu.

#pkh #sembako #blt



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x