Kompas TV regional berita daerah

Tak Ada Pasokan, Pedagang Tak Jual Minyakita

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 13:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Sejumlah pedagang sembako di Pasar Pagi Kota Tegal, Jawa Tengah pada Selasa (31/1/2023) pagi sudah tidak lagi menjual minyak goreng murah bersubsidi dengan merek Minyakita. Pasalnya sudah dua pekan mereka tidak lagi menerima pasokan Minyakita dari distributor.

Salah seorang pedagang sembako mengaku, sebelum menghilang harga Minyakita di pasaran dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14 ribu per liter. Pedagang menduga, kelangkaan Minyakita di pasaran saat ini terjadi karena stok dari distributor kosong.

Untuk mencukupi kebutuhan konsumen, para pedagang kembali menyediakan minyak curah. Harga minyak curah berkisar Rp 15.500 per kilogram atau mengalami kenaikan Rp 500 per kilogram dari harga sebelumnya.

Langkanya pasokan Minyakita juga membuat harga minyak kemasan naik. Saat ini minyak kemasan dijual dengan kisaran Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu per liter tergantung merek.

“Stok minyakita saat ini kosong sudah hampir dua minggu, terakhir ada itu harganya Rp 14 ribu,“ ujar Fitri, pedagang.

Selain minyak goreng, komoditas lain yang harganya masih tinggi di Kota Tegal adalah beras. Beras medium dijual dengan harga Rp 12 ribu per kilogram. Sementara beras premium dijual dengan harga Rp 13 ribu per kilogramnya.

#minyakita #pasar #tegal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x