Kompas TV nasional politik

Jenderal Dudung Tak Hadir Rapat di Komisi I, Anggota DPR Menegur, Singgung Anggaran TNI AD

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 13:22 WIB
jenderal-dudung-tak-hadir-rapat-di-komisi-i-anggota-dpr-menegur-singgung-anggaran-tni-ad
KSAD Jenderal Dudung. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman tak menghadiri rapat bersama dengan Komisi I DPR RI yang digelar pada Kamis (2/2/2023). 

Padahal, Panglima TNI TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan KSAU Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo hadir dalam rapat tersebut.

Baca Juga: KSAD Dudung: 2 TNI yang Bawa Sabu 75 kg dan 4.000 Butir Ekstasi Sudah Ditahan

Adapun dalam rapat itu Dudung diwakilkan oleh Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto. 

Absennya Dudung pun mendapat respons negatif dari Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, karena jenderal bintang empat itu tak melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan jajaran pimpinan Komisi I. 

"Pak Agus, saya mohon maaf, bukan tidak, apa ya, tidak suka Pak Agus ada. Karena saya juga baru tahu pagi ini, Pak," kata Meutya.


 

"Kami seluruh pemimpin baru tahu hari ini karena kita sebetulnya mau bahas Papua. Dan Papua itu sebetulnya perlu (kehadiran KSAD), meskipun kami yakin Pak Wakasad juga nanti bisa menjawab dengan baik," ujarnya.

Meski begitu, ia mengapresiasi sikap dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang malah memberitahukan ketidakhadiran Dudung pada 31 Januari 2023. 

Setelah itu, Meutya pun melanjutkan rapat tersebut untuk dimulai meski Dudung tak menghadiri kegiatan tersebut. 

"Kami mungkin menyampaikan karena ini kami apresiasi surat dari Panglima. Tapi biasanya, Pak, dari yang bersangkutan juga mengirimkan surat." 

"Sementara itu mungkin yang saya sampaikan kepada Bapak/Ibu anggota. Tidak apa-apa dimulai tanpa Pak KSAD atau bagaimana? Sebelum saya buka," kata Meutya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono meminta Dudung agar menghormati lembaga legislatif sebagai mitra kerjanya. 

Baca Juga: Polemik Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier, Komisi I DPR: Panglima TNI Harus Jelaskan Urgensinya

“Sudah ada panglima dan dua kepala staf kalau hanya berpegang ke KSAD tidak menghormati juga. Tapi cukup menjadi catatan menjaga hubungan kerja kita bagaimanapun anggaran AD kita buat bersama-sama." 

"Mohon perhatian kepada KSAD bisa saling menghormati Komisi I agar kita pun bisa menghormati KSAD, karena kita amat menghormati TNI AD,” kata Dave.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.