Kompas TV regional berita daerah

Basarnas dan Warga Gelar Latihan Water Rescue

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 12:00 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Badan SAR Nasional Lampung melibatkan puluhan relawan dari  berbagai elemen masyarakat untuk melakukan latihan bersama di kawasan perairan pantai mutun.

Latihan ini dilakukan sebagai bentuk meningkatkan profesionalisme petugas SAR serta memberikan bekal kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Baca Juga: Tembak Warga Hingga Tewas, 2 Polisi Diperiksa

Deden Ridwansyah selaku Kepala Badan SAR Lampung mengatakan nantinya relawan yang sudah memiliki kemampuan dalam penanganan pasca bencana bisa diberdayakan oleh  pemerintah untuk turut serta dalam pencarian, pertolongan hingga evakuasi warga.

"Kita siapkan SDM yang profesional untuk segala ancaman potensi kejadian di wilayah Lampung dalam rangka membantu pemerintah dan basarnas," ujar Deden Ridwansyah, Kepala Basarnas Lampung.

Salah satu peserta yang merupakan seorang mahasiswa aktif mengatakan bahwa dirinya sangat antusias mengikuti pelatihan bersama basarnar.

Hal ini lantaran selain penting untuk diri sendiri, pelatihan yang didapat juga bisa diterapkan di tengah masyarakat disaat terjadinya bencana alam.

"Sebagai mahasiswa pecinta alam tentu akan ikut kontribusi jika ada suatu bencana. Makanya kami ikut pelatihan ini untuk melatih skill yang dibutuhkan nantinya," ujar Idza Rada, seorang peserta pelatihan.

Dengan pelatihan basarnas ini tentunya diharapkan semakin banyak warga yang memiliki kemampuan kesiapsiagaan dalam mengahadapi potensi ancaman bencana alam.

#basarnas #relawan #lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x