Kompas TV nasional viral

Babak Baru Ibu Eny: Kumpul Lagi dengan Tiko di Rumah, Bilang Ini ke Pak RT: Maaf Sering Ngrepotin

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 10:56 WIB
babak-baru-ibu-eny-kumpul-lagi-dengan-tiko-di-rumah-bilang-ini-ke-pak-rt-maaf-sering-ngrepotin
Kondisi terbaru rumah Eny dan Tiko yang sedang dicat kembali di Kompleks PLN, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Senin (16/1/2023). (Sumber: kompas.com / Nabilla Ramadhian)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Eny Sukaesi (58) akhirnya bisa pulang ke rumah dan hidup bersama dengan anaknya Pulung Mustika Abima (23) atau Tiko.

Tak hanya itu, Eny dan Tiko pun diajak untuk berlibur ke Puncak, Bogor.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, Eny harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Duren Sawit sejak akhir 2022. Eny diizinkan meninggalkan RSJ Duren Sawit setelah kondisinya berangsur-angsur membaik.

Rumahnya di Kompleks PLN, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, yang semula terbengkalai tanpa dialiri air dan listrik itu juga kini sudah kinclong dan dipenuhi perabotan. 

Baca Juga: Kondisi Terkini Bu Eny dan Tiko, Pemilik Rumah Mewah Terbengkalai di Cakung, Dibawa ke Rumah Sakit

Sudah Tak mengamuk lagi

Ketua RT 006/RW 02 Kelurahan Jatinegara Noves Haristedja mengatakan, Eny sudah kembali sejak 23 Januari 2023. Namun, pihak RW sengaja tak langsung mengumumkan kepulangan Eny ke publik.

"Baru kami informasikan Senin (30 Januari) karena ingin memberikan Ibu Eny waktu untuk istirahat dan beradaptasi dengan (suasana) rumah yang baru," terang dia di lokasi, Rabu (1/2/2023), dikutip dari Kompas.com.

Noves menuturkan, Eny memberikan reaksi yang positif saat kembali ke rumahnya. Reaksi mengamuk seperti saat ia dibawa ke RSJ tak lagi terlihat. 


 

Bahkan, ia tampak senang ketika melihat-lihat bagian dalam rumahnya yang sudah dialiri kembali oleh listrik dan air. Sejumlah perabot yang dibutuhkan sudah tersedia, dan bahkan kamar tidurnya sudah rapi.

"Saya salam ke beliau, dia bilang, 'Maaf sering ngerepotin.' Saya bilang, 'Enggak apa-apa karena tugas saya untuk direpotin.' Dia tersenyum, itu adalah hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya," tutur Noves.

Baca Juga: Listrik Kembali Menyala di Rumah Mewah Eny dan Tiko, Sorak-sorai Gembira Bergema

Saat ini baru beberapa ruangan di lantai satu saja yang dipenuhi perabot. Meski begitu, perabot yang sudah ada di rumah mewah Eny dan Tiko adalah yang memang benar-benar dibutuhkan oleh keduanya. Sebagian perabotan itu juga berasal dari sumbangan.

Upaya penyembuhan untuk Eny



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.