Kompas TV regional berita daerah

Kondisi Pasca Longsor di Rest Area Tol Semarang-Solo

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 16:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KABUPATEN SEMARANG, KOMPAS.TV - Pasca longsor tebing setinggi 100 meter yang ada di Rest Area Jalan Tol Semarang-Solo Kilometer 429 pada Selasa (31/01/2023) petang. Petugas pagi ini (01/02/2023) masih membersihkan sisa longsoran dan tumpukan material longsor yang masih tersisa.

Sementara itu, dari analisa sementara petugas Trans Marga Jateng selaku pengelola jalan tol, diduga penyebab longsor karena adanya aliran air dari atas tebing sehingga mengikis tanah tebing dan membawa longsoran berupa pohon dan batuan.

Dari analisa awal petugas saat pembangunan, rest area dianggap aman karena tanahnya berupa tanah padas yang tidak mudah longsor.

Longsor ini menutupi sebagian area SPBU, meski demikian pengisian bahan bakar sudah berjalan normal namun masih buka tutup untuk menghindari tumpukan antrian.

Untuk mencegah longsor susulan dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna, petugas akan mengatur aliran air diatas tebing agar tidak ada lagi longsor susulan.

“Kami akan mengendalikan aliran air dari atas, akan dibuat mekanisme pembuangan air agar mengamankan lereng ini,“ ujar Adi Purwanto, General Manager Operasional Rest Area 429.

Sebelumnya longsor terjadi usai hujan lebat. Material longsor mengenai area SPBU sehingga pengisian bahan bakar sementara ditutup untuk dilakukan proses pembersihan material longsor.

#longsor #restarea #spbu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x