Kompas TV regional berita daerah

Peringatan Hari Kusta Sedunia Dimakassar

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 16:37 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Peringatan hari kusta sedunia digelar di kampung kusta di kecamatan Tamalate kota Makassar. Dalam peringatan ini warga diajak untuk makan bersama penyintas kusta untuk menghindari diskriminasi penyakit yang pernah dialami.

Setiap tanggal 29 januari diperingati hari kusta sedunia yang dimana tahun ini digelar di perkampungan kusta di kecamatan Tamalate kota Makassar. Para penyintas penyakit kusta ini dikumpulkan dan diberikan sejumlah kegiatan misalnya permainan latto-latto yang diikuti oleh anak-anak serta orang tua.

Tidak hanya itu untuk menghindarkan diskriminasi oleh warga panitia menyiapkan acara makan bersama antara fokopimda kota Makassar dengan para penyintas kusta yang ada di kampung tersebut. Usai makan bersama ketua DPRD kota Makassar Rudianto Lallo meninjau rumah aman bagi para pasien kusta yang dinilai sudah tidak layak lagi dimana lantai serta fasilitasnyapun sudah tidak memenuhi persayaratan.

Sedangkan ketua permata kota Makassar Agus Wala menyampaikan di rumah aman ini di isi oleh 9 orang pasien kusta yakni 5 orang laki-laki dan 4 orang perempuan dengan kondisi yang memperihatinkan.

Para penderita kusta inipun berharap banyak terhadap pemerintah agar status diskriminasi terhadap para penyandang kusta tidak lagi ada dan tempat yang menjadi proses penyembuhan para pasien untuk segera diperbaiki agar menjadi layak.

 

#harikustasedunia

#diskriminasi

#kusta



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x