Kompas TV regional berita daerah

Detik-detik Longsor di Rest Area Tol Semarang-Solo, Sebuah SPBU Tertimpa Longsoran

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KABUPATEN SEMARANG, KOMPAS.TV – Dalam video amatir milik warga terekam detik-detik terjadinya tebing longsor di rest area KM 429, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (31/1/2023) sore.

Hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut mengakibatkan tebing setinggi 100 meter longsor. Tebing yang longsor berada di bagian belakang SPBU rest area KM 429 khusus pengisian BBM Solar. Akibat tebing longsor ini, pengisian BBM Solar di rest area tersebut terganggu karena material longsor, berupa lumpur, tanah, dan beberapa pohon bambu menutup akses keluar rest area untuk kendaraan besar dan sebagian area pengisian BBM tersebut.

Prajudi, direktur utama PT Trans Marga Jawa Tengah (TMJ) menuturkan, hujan deras yang terjadi sejak Selasa (31/1/2023) siang hingga sore menjadi penyebab terjadinya longsor pada tebing ini. Air hujan masuk ke sela tanah pada tebing sehingga tanah menjadi berat dan terjadi longsor tebing di belakang rest area KM 429.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan pendalaman dan analisa lebih lanjut dengan tim ahli PT TMJ untuk mengetahui penyebab pastinya.

“Mungkin salah satu cara penanganan adalah dengan pengendalian air di atas. Jadi dari situ kami akan membuat pengendalian air sehingga air sesedikit mungkin masuk ke dalam tanah,”ujar Prajudi.

Hingga Selasa (31/1/2023) malam, petugas dari PT TMJ masih membersihkan material longsor menggunakan alat berat untuk mempercepat proses pembersihan material longsor.

#longsor #restarea #spbu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x