Kompas TV nasional update

Investasi Indonesia Lebihi Target pada 2022, Jokowi: Saya Senang 53 Persen di Luar Jawa

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 14:30 WIB
investasi-indonesia-lebihi-target-pada-2022-jokowi-saya-senang-53-persen-di-luar-jawa
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan (kanan) memberikan keterangan pers usai menghadiri Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (1/2/2023). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang karena mayoritas aliran investasi di Indonesia pada tahun 2022 terealisasi di luar Pulau Jawa.

Angka investasi di Indonesia tahun 2022 mencapai Rp1.207 triliun, lebih tinggi daripada target Rp1.200 triliun.

Menurut Jokowi, banyaknya realisasi investasi di luar Pulau Jawa menandakan bahwa Indonesia mulai meninggalkan ekonomi Jawa-sentris.

"Saya senang 53 persen ada di luar jawa, 47 persen di Jawa. Artinya kita ini sudah tidak Jawa-sentris lagi," jelas Presiden Jokowi usai menghadiri Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (1/2/2023) dilansir dari Antara.

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan agar Indonesia tetap waspada meski tekanan ekonomi global pada awal tahun 2023 ini mereda, sejalan dengan peningkatan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

“Kuartal ke-IV (2022) memang sudah mereda. Tadi pagi kita baru dapat informasi itu. Tapi kita sendiri memang harus tetap optimis tapi tetap harus waspada,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sindir Laba Jumbo Perbankan: Jangan-Jangan Bunganya Ketinggian

Presiden juga menanggapi terkait laporan terbaru World Economic Outlook (WEO) Update edisi Januari 2023 yang dirilis Dana Moneter Internasional (IMF).

Di dalam laporan tersebut, proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2023 meningkat jadi 2,9 persen daripada proyeksi pada Oktober 2022 yang hanya 2,7 persen. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x