Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Ingin Negara Lain Bergantung pada Indonesia: RI Tak Bisa Maju Kalau Tak Lakukan Hilirisasi

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 12:23 WIB
jokowi-ingin-negara-lain-bergantung-pada-indonesia-ri-tak-bisa-maju-kalau-tak-lakukan-hilirisasi
Tangkapan layar. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi pembicara kunci dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023). Jokowi ingin negara lain bergantung pada RI karena mampu memproduksi barang kebutuhan mereka. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Gilang Galiartha)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, hilirisasi sumber daya alam yang saat ini sedang digiatkan pemerintah, harus dikawal dengan ketat. Jika tidak, apa yang sudah diupayakan pemerintah akan mundur lagi ke belakang.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (1/2/2023). 

“Ini semuanya harus konsisten dan harus dikawal. Kalau tidak kita mundur lagi ke belakang,” kata Jokowi seperti dikutip dari tayangan program Breaking News Kompas TV

Jokowi menegaskan, Indonesia tidak boleh lagi jadi negara yang hanya mengeskpor bahan mentah. Karena jika hanya jadi pengeskpor bahan mentah, Indonesia tidak akan mendapat nilai tambah.

“Karena ini memang konsisten dan kalau enggak, kita balik lagi ke ekspor bahan mentah dan enggak dapet nilai tambah sampai kapanpun,” ucap Jokowi.

Ia meminta kepada jajarannya dan pengusaha, jangan hanya berpuas dengan hilirisasi nikel yang sudah jalan. 

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Anggaran Kemiskinan Tidak Habis untuk Rapat, tapi Diberi Langsung ke Rakyat

“Saya sampaikan ke menteri jangan tengok kanan kiri, urus terus hilirasi. Digugat WTO? Kalah? tetep terus. Ini yang akan melompatkan negara berkembang jadi negara maju. Jangan berpikir negara kita bisa jadi negara maju kalau takut menghilirkan sumber daya alam kita,” sebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Pada Selasa (31/1) malam, Jokowi juga menyinggung soal hilirisasi di acara HUT Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ia menyampaikan, hilirisasi bisa membantu Indonesia keluar dari jebakan kelas menengah. Lantaran bisa menyediakan apa-apa yang dibutuhkan negara lain. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x