Kompas TV regional berita daerah

Hari Arak Bali, Momentum Bangkitkan Perajin Arak Di Karangasem

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Peringatan Hari Arak Bali pada 29 Januari 2023 diperingat serentak di seluruh kabupaten kota di Bali.

Peringatan Hari Arak di Karangasem dilakukan dengan menggelar persembahyangan di Pura Manik Kembar Batu Belah, Banjar Dinas

Tengallanglangan, Desa Datah, Kecamatan Abang.

Seusai persembahyangan acara ini dilanjutkan dengan pementasan kesenian genjek. Bupati Karangasem I Gede Dana di dampingi Sekda I Ketut Sedana Merta hadir langsung dalam acara ini.

Bupati Karangasem Gede Dana mengungkapkan, Hari Arak Bali bisa membangkitkan perajin arak di Karangasem.  Mengingat perajin arak tradisional di karangasem mencapai 2.800 usaha.

Masih banyaknya warga Karangasem yang menggantungkan hidupnya dengan memproduksi arak, ia berharap para perajin mengikuti aturan Gubernur Bali Nomor 1 tahun 2020 tentang Destilasi Minuman Beralkohol.

Acara Hari Arak Bali di tutup dengan tradisi megibung atau makan bersama, serta minum arak secara bersama. Diharapkan Arak Bali bisa mendunia,  sehingga nantinya bisa meningkatkan penghasilan dari perajin arak, yang terus dilestarikan turun temurun.

 

 

 

 

 

 

#hariarakbali     #pemkabkarangasem    #karangasem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x