Kompas TV nasional politik

Pernyataan Terbaru Jokowi soal Reshuffle Kabinet: Yang Jelas Hari Ini Rabu Pon

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 11:31 WIB
pernyataan-terbaru-jokowi-soal-reshuffle-kabinet-yang-jelas-hari-ini-rabu-pon
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan terbaru soal kabar reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju. (Sumber: ANTARA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan terbaru soal kabar reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi selepas memberikan keynote speech pada Mandiri Investment Forum (MIF) Tahun 2023, Rabu (1/2/2023).

“Saya sudah sampaikan kemarin, tadi malam. Yang jelas hari ini Rabu pon,” ucap Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi dikabarkan tidak melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju, hari ini.

Sumber KOMPAS TV mengatakan, Presiden Jokowi akan melakukan sejumlah kegiatan dan tidak ada agenda reshuffle yang sebelumnya santer akan dilakukan Rabu pon.

Baca Juga: Jokowi Tidak Reshuffle Kabinet Hari Ini?

Informasi yang didapat KOMPAS TV, Presiden Jokowi pada pagi ini hadir di kegiatan Mandiri Investment Forum Tahun 2023.

Kemudian pada siang hari, Presiden Jokowi dijadwalkan terbang ke Provinsi Bali untuk melakukan serangkaian agenda kepresidenan.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari belakangan isu Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle pada Rabu pon menguat dalam kabar politik tanah air.


 

Kabar reshuffle itu dikaitkan dengan hubungan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang disebut-sebut kurang harmonis pasca ditetapkannya Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024.

Namun fakta terbaru, Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah bertemu. Tidak diketahui apa yang menjadi materi pembahasan dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Surya Paloh.

Tapi yang pasti, pertemuan tersebut tidak membuat reda isu Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet.

Baca Juga: Pengacara Ferdy Sambo: Replik Penuntut Umum Serang dan Cederai Profesi Advokat

Dalam koalisi mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, Surya Paloh memiliki 3 orang kader Partai NasDem yang ditunjuk sebagai menteri oleh Presiden Jokowi.

Pertama, Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang tercatat membantu tugas Presiden Jokowi sejak periode pertama kepemimpinannya.

Lalu, Syahrul Yasin Limpo yang bertugas menjadi Menteri Pertanian dan Jhonny G Plate yang ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di periode kedua kepempimpinan Presiden Jokowi.

Melakukan reshuffle kabinet memang menjadi hak prerogatif yang dimiliki oleh Presiden. Dalam hal ini, Jokowi tercatat sudah melakukan reshuffle kabinet sebanyak 7 kali untuk 8 tahun pemerintahannya.

Pada setiap reshuffle yang dilakukan, Presiden Jokowi tercatat selalu memilih waktu pada hari Rabu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.