Kompas TV nasional politik

Isu Reshuffle Kabinet Hari Ini Rabu Pon, Nama Menteri yang Diisukan Terkena dan Alasannya

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 07:55 WIB
isu-reshuffle-kabinet-hari-ini-rabu-pon-nama-menteri-yang-diisukan-terkena-dan-alasannya
Foto Ilustrasi - Publik menunggu akankah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan adanya reshuffle pada hari ini, Rabu Pon (1/2/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada hari ini tepat Rabu Pon, 1 Februari 2023, publik menunggu akankah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan adanya reshuffle.

Pasalnya, dalam beberapa kesempatan sebelumnya, momen Rabu Pon digunakan Presiden Jokowi untuk mengumumkan perombakan kabinetnya.

Presiden Jokowi memastikan sisi politik bukan jadi yang utama dalam reshuffle atau pergantian menteri di Kabinet Indonesia Maju. Hal utama yang menjadi evaluasi setiap menteri yakni kebijakan dan peforma kinerja.

"Yang utama memang performa kinerja bahwa ada sisi politiknya pasti juga ada, tapi itu bukan yang utama," ujar Jokowi usai menghadiri HUT ke-8 PSI di Djakarta Theater, Selasa (31/1/2023), dikutip dari laporan tim jurnalis KOMPAS TV.

Presiden juga menyatakan sejauh ini kinerja para menteri di kabinet berjalan lancar dan tidak ada hal yang mencolok. Tentu saja bukan berarti proses evaluasi tidak berjalan.

Namun, Presiden tidak menyatakan kapan waktunya menteri yang mendapat evaluasi bakal diganti. Saat disinggung Rabu Pon, Jokowi hanya bisa meminta agar masyarakat menunggu kepastian pergantian menteri.

Setkab bilang tak tahu menahu soal reshuffle

Sekretaris Kabinet Pramono Anung enggan berkomentar soal rencana perombakan Kabinet Indonesia Maju yang kerap dilakukan pada hari Rabu Pon. Ia bilang kalaupun tahu, tidak bisa mengkonfirmasi.

“Walaupun tahu mohon maaf enggak ngomong,” ujarnya di istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1) lalu.

Pramono hanya menegaskan bahwa Rabu sore nanti, ia akan mendampingi Presiden Jokowi ke Bali dalam rangka kunjungan kerja.

Baca Juga: Round Up Tanggapan NasDem soal Wacana Reshuffle di Rabu Pon

Ketum relawan Jokowi sebut 3 menteri yang mungkin direshuffle



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.