Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil hingga 8 Menko Jadi Pertimbangan Rian Ernest Gabung ke Golkar DKI

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 06:50 WIB
ridwan-kamil-hingga-8-menko-jadi-pertimbangan-rian-ernest-gabung-ke-golkar-dki
Setelah bergabung dengan Partai Golkar, Rian Ernest, mantan politikus PSI, dalam Breaking News Kompas TV, Selasa (31/1/2023) mengaku akan mencoba lebih realistis dengan mencalonkan diri di DPRD DKI Jakarta. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest resmi bergabung ke Partai Golkar.

Sebelum mengukuhkan diri masuk ke Golkar dirinya sempat berdiskusi dengan sejumlah politikus senior, hingga akademisi di bidang politik. Dari sinilah dirinya mendapat sejumlah masukan. 

"Kenapa Golkar, karena Golkar jelas-jelas demokratis, tidak bergantung pada sosok tertentu," ujar Rian di DPD Partai Golkar Partai Golkar DKI Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Selain itu mantan staf ahli hukum Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini menilai latar belakang para kader Partai Golkar juga tidak melulu di bidang politik. 

Baca Juga: Susul Ridwan Kamil, Eks Kader PSI Rian Ernest Bergabung dengan Partai Golkar

Di Golkar dirinya melihat ada kader dari latar belakang teknokrat, aktivis hingga pengusaha. Meski berbeda latar belakang, setiap kader tetap memiliki kesempatan yang sama.

"Siapa pun yang punya kompetensi, pasti dikasih kesempatan. Ada delapan Menko alumni Golkar semua," ujar Rian. 

Ikut Jejak Ridwan Kamil

Lebih lanjut Rian tidak membantah masuknya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Golkar juga menjadi tolak ukur. 

Menurutnya sosok Ridwan Kamil juga menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan masuk ke partai berlambang pohon beringin. 

Baca Juga: Gabung Golkar, Rian Ernest Lebih Realistis Pilih Maju di DPRD di 2024: Otot Politik Saya Belum Kuat

"Pak Ridwan Kamil ini salah satu panutan bagi generasi muda politik Indonesia, saya juga nantinya berkoordinasi dengan Pak RK juga untuk belajar memaksimalkan social media jadi tools berkampanye," ujar Rian. 

Adapun jabatan Rian Ernest di Partai Golkar yakni Ketua Biro Pemuda DPD Partai Golkar DKI Jakarta.

Rencananya Rian akan diusung menjadi Caleg Golkar di pemilihan DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 2024 di daerah pemilihan 3 DKI yang meliputi Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok di Jakarta Utara.

Pada Pemilu 2019, Dapil 3 DKI ini diwakili sembilan anggota DPRD. Tiga dari PDI Perjuangan, sisanya kader Partai Gerindra, PKS, PSI, PKB, Partai Nasdem dan Partai Demokrat.


 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x