Kompas TV nasional hukum

Ada Goresan di Mobil, TGPF Dalami Kaitan dengan Kecelakaan Mahasiswa UI dengan Pensiunan Polisi

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 21:07 WIB
ada-goresan-di-mobil-tgpf-dalami-kaitan-dengan-kecelakaan-mahasiswa-ui-dengan-pensiunan-polisi
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat menerangkan hasil penyidikan kecelakaan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah Saputra, Jumat (27/1/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim gabungan pencari fakta (TGPF) bakal merekonstruksi ulang kasus kecelakaan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah Saputra. 

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Josua Mamoto menjelaskan, ada sejumlah masukan yang akan didalami dalam rekonstruksi ulang. 

Pertama, soal goresan di badan mobil. Tim meminta agar mendalami apakah goresan di mobil tersebut memiliki kaitan dengan kecelakaan. 

"Adakah kaitannya goresan mobil itu karena terserempet atau terbentur dengan motor korban, sehinga perlu dilakukan rekonstruksi ulang secara scientific," ujar Benny di program Kompas Petang KOMPAS TV, Selasa (30/1/2023).

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Kapolda Metro Jaya Bentuk TPF Usut Kecelakaan Mahasiswa UI Hasya Saputra

Kedua, mengenai keterangan saksi yang berbeda. Saksi mengatakan korban melakukan rem mendadak karena ada motor di depan yang ingin belok ke kanan. 

Saksi lain menyatakan korban menghindari genangan air jalan sehingga mengerem mendadak. Saksi juga menyatakan korban menggunakan helm, sementara ada saksi yang mengatakan korban tidak mengenakan helm.

"Ini perlu kembali ditelusuri melalui rekonstruksi ulang," ujar Benny. 

Benny menambahkan, rekonstruksi ulang dilakukan bukan karena ada kesalahan dari penyidik, tetapi untuk memastikan keterangan saksi dan temuan-temuan yang mengarah kasus kecelakaan.

Baca Juga: Cerita Ayah Hasya Mahasiswa UI Saat Bertemu Penabrak Sang Anak: Heran Tidak Ada Kata Maaf



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x