Kompas TV nasional politik

Isu Reshuffle Rabu Pon, 2 Menteri Asal Nasdem Tak Hadir saat Rapat dengan Jokowi di Istana

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 19:33 WIB
isu-reshuffle-rabu-pon-2-menteri-asal-nasdem-tak-hadir-saat-rapat-dengan-jokowi-di-istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakernas Strategi Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana serta Program Percepatan Penurunan Stunting di Jakarta, Rabu (25/1/2023). (Sumber: ANTARA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Dua menteri asal Partai Nasdem tak hadir dalam agenda rapat internal yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana, Jakarta pada Selasa (31/1/2023). 

Ketidakhadiran mereka ini di tengah menguatnya isu reshuffle Kabinet Indosia Maju pada Rabu (1/2/2023). Hari itu merupakan Rabu Pon dan Presiden Jokowi berulang kali melakukan perombakan kabinet pada hari tersebut.

Dilansir dari Tribunnews.com, kedua pembantu kepala negara asal partai politik (parpol) besutan Surya Paloh itu ialah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. 

Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Airlanga: Tunggu Hari Rabu

Saat rapat internal membahas masalah beras Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tidak terlihat ke Istana.

Menteri atau pejabat yang hadir dalam rapat tersebut hanya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Urusan Logistik Budi Waseso (Buwas), dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo.

“Orang yang diundang saya cuma bertiga urusan beras, ya ini kan masalah penyaluran operasi pasar Mendag itu stabilisasi, saya pelaksananya, Pak Arief itu yang ngitung neracanya,” kata Buwas.

Buwas mengaku tidak tahu alasan Mentan tidak diundang dalam rapat tersebut.

Sementara itu, pada rapat yang salah satunya membahas kehutanan, pejabat Kementerian LHK yang hadir di istana yakni Wakil Menteri LHK Alue Dohong.

Saat ditanya mengenai ketidakhadiran Menteri LHK, ia mengaku tidak mengetahuinya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlanga Hartarto menyebut, akan ada kebijakan politik terbaru yang dikeluarkan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu (1/2/2023) besok. 

Hal itu menanggapi pertanyaan wartawan terkait santernya isu kocok ulang jajaran pembantu Kepala Negara pada besok yang bertepatan dengan momen Rabu Pon. 

Diketahui, pada Rabu Pon merupakan hari keramat Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet. 

"Soal politik tunggu hari Rabu," kata Airlangga seperti dikutip dari Antara, Selasa (31/1/2023). 

Ketika disinggung mengenai agenda para menteri di Istana pada Rabu (1/2) pagi esok, Airlangga Hartarto juga mengaku belum tahu. 

Baca Juga: Misteri Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Rabu 1 Pon Besok, Mahfud MD: Itu Urusan Presiden

Dengan nada bergurau, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menjelaskan kepada wartawan agar selalu menunggu setiap hari Rabu.

"Tungguin setiap hari Rabu," kata Airlangga yang kemudian berlalu untuk memasuki mobilnya.


 



Sumber : Tribunnews.com/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x