Kompas TV regional berita daerah

Jelang Hari Arak Satpol PP Sidak Perajin Arak Gula

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 14:22 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Sehari menjelang peringatan Hari Arak pada tanggal 29 Januari 2023,  Satuan Pamong Praja Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem Bali melakukan sidak dan penertiban perajin arak gula pasir di sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem Bali.

Salah satunya berada di Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Puluhan petugas mendatangi satu persatu rumah tempat memproduksi arak fermetasi dari air dicampur gula pasir dan ragi atau fermen.

Dari target sepuluh perajin arak, petugas hanya menemukan enam perajin yang beroperasi dan sisanya tutup. Diduga sidak yang dilakukan sudah bocor, dimana biasanya per hari ada puluhan perajin arak gula yang beroperasi Kecamatan Abang.

Kasat Pol Pp Provinsi Bali, dewa darmadi,  mengatakan bahwa arak bali sudah dihakpatenkan serta bahan bakunya sudah dilegalkan. Namun di luar bahan tersebut maka petugas akan tertibkan. Sidak yang dilakukan sudah yang keduakalinya setelah di Sidemen dilakukan di Desa Data dan kegiatan ini rutin akan dilakukan.

Salah satu perajin arak gula mengaku terpaksa membuat arak fermentasi gula pasir karena di daerahnya sulit mendapatkan bahan baku.

Perajin arak yang masih ditemukan memproduksi langsung diberikan pembinaan dan pemahaman terkait larangan produksi arak gula, karena bisa membahayakan bagi kesehatan.

 

 

 

 

 

#sidakarak  #arakbali  #karangasem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x