Kompas TV bisnis kebijakan

Harga Minyak Dunia Turun, Pemerintah Masih Monitor Dampaknya ke Harga BBM Subsidi

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 12:25 WIB
harga-minyak-dunia-turun-pemerintah-masih-monitor-dampaknya-ke-harga-bbm-subsidi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih memonitor dampak dari tren penurunan harga minyak mentah dunia, terhadap kemungkinan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di dalam negeri. (Sumber: Kemenko Perekonomian)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih memonitor dampak dari tren penurunan harga minyak mentah dunia, terhadap kemungkinan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di dalam negeri.

“Harga minyak kita kan masih di bawah harga subsidi, jadi tentu akan dimonitor keberlangsungan daripada penurunan harga minyak,” kata Menko Airlangga Hartarto seperti dikutip dari Antara, Senin (30/1/2023).

Selain itu, pemerintah juga telah mengimplementasikan penggunaan campuran BBM solar dengan biodiesel sebanyak 35 persen atau B35. Hal tersebut mengurangi impor solar dan juga menekan jumlah subsidi yang dikucurkan pemerintah untuk jenis BBM tersebut.

“Namun ini (penurunan harga minyak mentah dunia) terus kita akan monitor,” ucapnya.

Pemerintah juga sedang menyusun kebijakan untuk membuat biaya bahan bakar avtur menjadi lebih kompetitif. Lantaran, kenaikan harga avtur telah memicu peningkatan tarif transportasi yang juga berimbas kepada kenaikan inflasi.


 

“Ini akan dikalkulasi dan akan dirapatkan bagaimana kita bisa menurunkan biaya untuk avtur,” sebut Airlangga.

Baca Juga: Siap-Siap! Harga BBM akan Diumumkan Tiap Pekan Mengikuti Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia pada penutupan perdagangan Senin (30/1), turun di perdagangan Asia karena produsen global kemungkinan akan mempertahankan produksi dan investor berhati-hati menjelang pertemuan Bank Sentral AS Federal Reserve (Fed) yang rentan memacu gejolak pasar.

Fluktuasi harga minyak dunia juga membuat pemerintah mewacanakan untuk mengumumkan harga BBM nonsubsidi setiap pekan. Jika harga minyak dunia naik, maka kemungkinan besar harganya akan ikut naik dan sebaliknya. Sementara untuk harga BBM subsidi, tetap harus diputuskan pemerintah.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x