Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Tegaskan Tidak akan Berikan F-16 ke Ukraina, Prancis dan Australia Siap Bikin Peluru Artileri

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 10:37 WIB
as-tegaskan-tidak-akan-berikan-f-16-ke-ukraina-prancis-dan-australia-siap-bikin-peluru-artileri
Presiden AS Joe Biden tegaskan tidak akan berikan F-16 untuk Ukraina, sementara Prancis dan Australia akan bikin peluru artileri untuk disumbangkan ke Ukraina (Sumber: Polish Armed Forces/Piotr ysakowski)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Senin, (30/1/2023) mengatakan,  tidak akan memberikan jet tempur F-16 ke Ukraina. Selain itu Biden mengatakan akan pergi Polandia dengan tanggal yang belum ditentukan.

Menteri pertahanan Ukraina pekan lalu mengatakan,  dia sekarang akan meminta pesawat tempur generasi keempat Barat seperti F-16 AS setelah mengamankan pasokan tank tempur.

Ukraina mendapat dorongan besar untuk pasukannya pekan lalu ketika Jerman dan Amerika Serikat mengumumkan rencana untuk menyediakan tank-tank berat, mengakhiri kebuntuan diplomatik selama berminggu-minggu terkait masalah tersebut.

Polandia, tetangga Ukraina di perbatasan baratnya, memposisikan dirinya sebagai salah satu sekutu paling setia pemerintah Kyiv.

Sebelumnya pada hari Senin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen di selatan kota Mykolaiv selama kunjungan yang jarang dilakukan oleh seorang pemimpin asing ke wilayah yang dekat dengan garis depan.

Dalam pertemuan tersebut, Zelensky mengatakan Rusia tidak menghentikan serangannya di garis depan di timur Ukraina, dan menambah lebih banyak petempur dari kelompok Wagner, sebuah perusahaan militer swasta Rusia.

Di Ljubljana, Slovenia, pihak berwenang menangkap dua tersangka agen rahasia Rusia yang diduga menggunakan penyamaran sebagai agen yang bergerak di bidang real estat dan barang antik sebagai kedok untuk aktivitas mereka di negara anggota NATO itu, lapor media Slovenia, Senin, (30/1/2023)

Surat kabar Delo yang dihormati di Slovenia dan portal berita Siol mengutip kantor kejaksaan umum yang membenarkan penangkapan tersebut.

Baca Juga: Ternyata Penguasaan Titanium Ukraina Alasan Amerika Serikat dan Barat Dukung Kiev Lawan Rusia

Artileri Caesar buatan Prancis sedang ditembakkan pasukan Ukraina. Presiden AS Joe Biden tegaskan tidak akan berikan F-16 untuk Ukraina, sementara Prancis dan Australia akan bikin peluru artileri untuk disumbangkan ke Ukraina. (Sumber: AP Photo)

Dari Paris, Prancis dan Australia hari Senin, (30/1/2023) meluncurkan rencana untuk bersama-sama memproduksi amunisi untuk Ukraina, karena kedua negara berusaha untuk menopang kerja sama pertahanan dan melewati perselisihan atas keputusan Canberra untuk membuang rencana membeli kapal selam Prancis dua tahun lalu.

Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu mengatakan,  Prancis dan Australia telah sepakat untuk bekerja sama membuat "beberapa ribu" peluru 155 milimeter untuk membantu Ukraina, yang diharapkan dapat mulai dikirim pada kuartal pertama tahun ini.

Lecornu berbicara setelah bertemu rekannya dari Australia, Richard Marles, pembicaraan tingkat tinggi bersama pertama sejak baris kapal selam meletus.

Australia akan memasok mesiu, sementara Nexter Prancis akan membuat amunisinya.

“Sebenarnya ada saling melengkapi antara basis industri pertahanan kami, yang memungkinkan hal ini terjadi,” kata Marles kepada wartawan, di Kementerian Luar Negeri Prancis.

Produksi peluru artileri untuk Ukraina akan dipimpin oleh pabrikan Prancis Nexter bekerja sama dengan pabrikan Australia, kata para menteri pertahanan. Mereka tidak memberikan perincian lebih lanjut, dengan alasan keamanan nasional.

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Australia dan Prancis bekerja sama untuk memasok amunisi 155 milimeter ke Ukraina, untuk memastikan Ukraina dapat bertahan dalam konflik ini dan menyelesaikannya dengan caranya sendiri,” kata Marles.

Lecornu mengatakan mereka bertujuan untuk mengirim peluru pertama pada kuartal pertama tahun ini, dan bahwa proyek tersebut dimaksudkan untuk mengamankan pasokan peluru ke Ukraina dari waktu ke waktu.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x